Orang Tua dan Anak, Ibarat Petani dan Tanamannya

Ilustrasi

PALEMBANG-Baik buruknya tanaman, sangat ditentukan oleh perlakuan si penanam. Jika ia memilih dan menyiapkan ladang subur untuk benihnya, lalu senantiasa menyiraminya dengan air yang bersih (tidak tercemar ), ditambah dengan perawatan yang teratur, niscaya tanamannya pun akan tumbuh subur. Apalagi kalau rumput dan gulma senantiasa disiangi, hama disemprot, dan pupuk tak lupa ditabur, maka akan semakin kokoh dan kuatlah tanaman itu. Buahnya akan lebat, menngiurkan dan mempesona.

Sebaliknya, jika petani memilih dan menyiapkan ladang gersang untuk bibitnya, menanamnyapun asal-asalan, rumput dan gulma tak pernah disiangi, air pun mengalir kadang-kadang, maka tanamanpun akan tumbuh meradang, mungkin layu, lalu hilang !. Tinggallah sang petani tepekur menyesali nasibnya , tak ada satupun buah yang bisa dipetik. Kasihan !

Mengapa orang tua harus terlibat dalam pendidikan anak ? itulah, bahasan PSYCHO FAMILY (14/1) bersama yayasan pendidikan islam Auladi, program yang menjadi rujukan keluarga dengan segala permasalahan?? Diungkapkan Ridwan ya’kub narasumber sore itu, Semua pengharapan yang positif dari anak tersebut tidaklah dapat terpenuhi tanpa adanya bimbingan yang memadai, selaras dan seimbang dengan tuntunan dan kebutuhan fitrah manusia secara kodrati. Dan semua itu tidak akan didapatkan secara sempurna kecuali pada ajaran Islam, karena bersumber pada wahyu illahi yang paling mengerti tentang hakikat manusia sebagai makhluq ciptaan-Nya.

Anak merupakan amanah dari Allah SWT yang harus dibina, dipelihara, dan diurus secara seksama serta sempurna agar kelak menjadi insan kamil, berguna bagi agama, bangsa dan negara, dan secara khusus dapat menjadi pelipur lara orang tua dan penenang hati ayah dan bunda serta kebanggaan keluarga. Dampak Positif Keberhasilan Pendidikan Anak 1. Kehidupan anak menjadi berkah 2. Orang tua mendapat pahala tiada putus 3. berkumpul bersama di surga
Dampak Negatif Keberhasilan Pendidikan Anak :1. Orang tua mendapat dosa 2. Orang tua gagal menikmati indahnya surga

Di sisi lain pepen ali yang juga narasumber ke-2 menambahkan. Sering kali, kunci menuju pendidikan yang baik adalah keberadaan orang dewasa yang penuh perhatian. Lebih bagus lagi adalah satu atau kedua orang-tua anak itu yang berperan aktif untuk pendidikan sang anak. Orang tua harus menunjukkan sikap mendukung dan sangat terlibat dalam pendidikan anak-anak. Bahkan orang-tua harus cukup sering berinteraksi dengan lembaga pendidikan dalam hal ini adalah para pengajar di sekolah untuk memantau perkembangan anaknya.
Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh orang tua agar anaknya dapat berprestasi dalam pendidikan di sekolah antara lain sebagai diringkaskan sebagai berikut:
• Dukungan orang tua terhadap anak
• Kerja sama dengan para pendidik di sekolah
• Sediakan waktu cukup banyak dengan anak Anda
• Awasi kegiatan belajar di rumah
• Ajari anak bertanggung jawab di rumah
• Praktekkan disiplin dengan tegas namun penuh cinta
• Jaga kesehatan anak agar berprestasi
• Dan, jadilah teman terbaiknya

Belum puas dengan hal tersebut, ikuti obrolan-obrolan kami setiap kamis jam 15-16.30 diyakini akan memberi pencerahan untuk keluarga anda.(Rifqi)

  1. Makanya para orang tua harus senantiasa memperhatikan putra putrinya🙂 ya supaya mereka tidak terjerumus denganhal-halyang buruk.
    Untuk para orang tua jangan hanya sibuk denganpekerjaanya tapi harus meluangkan waktunya disela-sela kesibukannya. Anak adalah titipan Tuhan YME makanya harus diurus dan di cintai sepenuh hati :-*

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: