Ajang Apresiasi Karya Film Generasi Muda

PALEMBANG – Era digital saat ini memberi kemudahan, keasyikan membuat film bukan lagi milik segelintir orang. Karena film semakin berkembang seiring pesatnya pertumbuhan teknologi digital. Belum lagi, minusnya sekat dalam pemasaran film. Semua orang bebas mempublikasikan karya film antara lain lewat sejumlah situs pemasok video seperti Multiply dan Live Leak. You tube dan masih banyak lagi.

Ilustrasi

Siapa yang tidak kenal dengan festival film indie di tanah air sebut saja di antaranya LA Lights Indie Movie adalah event komunitas film independent terbesar di Indonesia. Event gagasan Garin Nugroho ini merupakan salah satu event film indie yang berani dan konsisten memberikan budget kepada wajah-wajah baru untuk membiayai produksi produksi film pendek pertama mereka, sekalipun mereka belum memiliki background film sama sekali.
LA Lights Indie Movie ini memang ajang untuk menjaring bakat-bakat pembuat film dari aspek yang paling mendasar, yakni pola pikir dan kreativitas pembuatan cerita. Dalam konteks ini LA Lights Indie Movie diharapkan mampu membuka pintu kesempatan bagi bibit-bibit filmmaker yang baru dan segar.

LA Lights Indie Movie yang merupakan event hasil kerjasama antara LA Lights dan SET Film Workshop yang diawali dengan program LA Lights Short Story Competition, dijelaskan fira (staf promotion LA Lights Indie Movie) sore itu di Movie Trailer (17/1) dengan tema ‘Eksisitensi Dan Kontribusi Festival Film Indie” . sebenarnya Festifal seperti ini pada awalnya “Era digital memungkinkan kita mengerjakan sebuah project film dengan murah dan mudah,” di tuturkan fira sambil menyebutkan Garin Nugroho sang pengagas festival tersebut.

Lebih lanjut, Festival Indie Movie merupakan salah satu ajang mengembangkan apresiasi karya film generasi muda. Festival film, Energi anak muda ini luar biasa. Berita kekerasan sudah terlalu banyak, tapi berita kreativitas tidak muncul. Wilayah-wilayah seperti ini mengembangkan kreativitas luar biasa dari anak-anak muda, kapan ya ada workshop film pendek dari pihak LA Lights Indie Movie di palembang ? Tanya diki melalu line sms, sambil tersipu fira mengatakan untuk di palembang, umunya di sumatera lah, ya kita ada rencana di 2010 ini tapi sekedar workshop tidak untuk festival, karena kita lebih consent untuk festival masih di kota besar dulu. Tutup fira.

Ilustrasi

Sementara festival yang tidak kalah keren dan unik di tanah air “Hellofest” juga ikut menguraikan peran besar dari sebuah Festival film indie. Di wakili oleh “Aditya” presdir-nya Hellofest, adit sapaan akrabnya mengatakan semangat indie berkembang di antara komunitas pehobi film. Semangat itu menciptakan kekhasan di antara kaum muda pencipta film, yakni semangat kemandirian tanpa ikatan pragmatisasi modal dan kekangan pasar. Terutama kita dari Hellofest yang mengacu pada film pendek.

Saat di tanya Hellofest ini festival seperti apa? Adit pun menerangkan HelloFest sebuah festival Motion Picture Arts yang dihadiri oleh KostuMasa (Penonton Berkostum), dikelilingi dengan bazar action figure dengan puncak acara menonton rame – rame karya yahud kreator Indonesia seperti Mira dan Riri Riza, keberadaan yang telah berusia 6 tahun dengan usia para partisipenya anak muda antara 15-30-an, ia yakini Hellofest mampu merangkul filmmaker di jagat negri ini, mengakhiri obrolanya adit pun menekankan bahwa kemunculan Festival film indie ini sebagai apresiasi dan pesta industri perfilman Indonesia, terlebih, menjadi salah satu sarana pengembangan diri para insan muda film.

Dapatkan pula informasi kabar dari actor-aktris dan film terbaru, sekaligus bincang interaktif bersama sineas papan atas Indonesia dalam Movie Trailer setiap minggu jam 17-19.00 “ jayalah terus perfilman Indonesia. (Rifqi)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: