Produksi Biodiesel OKU Timur Terhambat

MARTAPURA–Target Bupati Herman Deru menjadikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur sebagai daerah sentra penghasil biodiesel dari biji jarak kini terhambat.

Saat menjamu makan malam Menteri Negara Riset dan Teknologi (Menristek) Suharna Surapranata, Sabtu malam (16/1), di Martapura, Herman Deru menjelaskan bahwa kini produksi biodiesel dari biji jarak terhambat akibat turunnya harga minyak dunia yang berkisar 70 dolar AS.

”Produksi biodiesel terkendala akibat murahnya harga minyak dunia. Biaya produksi satu liter biodiesel mencapai Rp 8.000. Harga biodiesel mencapai nilai keekonomiannya saat harga minyak dunia mencapai 100 dolar AS per barel,” ujar Herman Deru.

Menurut Herman, jika harga minyak dunia sekarang 70 dolar per barel, produksi biodiesel di sini tidak fisibel lagi. ”Perlu sekitar Rp 3.000 sampai Rp 4.000/liter subsidi untuk pemakai biodiesel,” tambahnya.

Bupati OKU Timur itu menjelaskan, animo masyarakat untuk menanam jarak di daerah yang baru berusia enam tahun pada 17 Januari 2010 tersebut sangat tinggi. ”Harga biji jarak dibeli dari masyarakat Rp 2.000/kg. Dengan memproduksi dan menggunakan biodiesel, kita sangat diuntungkan karena minyak biodiesel ini kadar oktannya tinggi dan emisinya di bawah ambang batas.”

Saat memproduksi biodiesel dari pabrik yang dibantu Kementerian Ristek, Herman Deru menjelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur pernah mencoba memakai biodiesel untuk mobil dinas dan alat berat. Namun, pemkab harus mengucurkan sekitar Rp 20 juta untuk tambahan biaya.

Kabupaten OKU Timur merupakan kabupaten percontohan nasional dalam pemanfatan jarak pagar (Jatropha Carcus) sebagai bahan bakar alternatif dengan produksi berkapasitas enam ton per hari.(Rep)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: