Etika Bertetangga dalam Islam

Tetangga adalah orang terdekat yang akan membantu kita ketika kita membutuhkan. Jarak rumah yang berdekatan membuat tetangga bisa jadi adalah orang yang akan membantu kita terlebih dahulu sebelum keluarga dan sanak saudara. Hubungan bertetangga yang harmonis bisa diwujudkan apabila masing masing kita mengetahui etika atau adab bertetangga yang benar.

Bersama Ustd Mugiono Abu Afifah, Mutiara sore edisi, 13 Januari 2010 membahas seputar etika dan tata krama bertetangga.

Rasulullah Shallallaahu alaihi wa Sallam bersabda, sebagaimana di dalam hadits Abu Hurairah Radhiallaahu anhu : “….Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari Akhir, maka hendaklah ia memu-liakan tetangganya”. Dan di dalam riwayat lain disebutkan: “hendaklah ia berprilaku baik terhadap tetangganya”. (Muttafaq’alaih).

“Kita wajib berperilaku baik terhadap tetangga” Tegas Ustad Mugiono.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam kehidupan bertetangga. Mulai dari bangunan rumah yang kita bangun jangan mengganggu tetangga kita, tidak membuat mereka tertutup dari sinar mata hari atau udara, dan kita tidak boleh melampaui batasnya, apakah merusak atau mengubah miliknya.

“contoh lain,tidak melakukan suatu kegaduhan yang mengganggu mereka, seperti suara radio atau TV, turut bersuka cita di dalam kebahagiaan mereka dan berduka cita di dalam duka mereka; kita jenguk bila ia sakit, kita tanyakan apabila ia tidak ada, bersikap baik bila menjumpainya; dan hendaknya kita undang untuk datang ke rumah” tambahnya.

Jika masing masing kita mengerti tata cara bergaul bertetangga, maka akan sedikit sekali kemungkinan ribut ribut terjadi dalam lingkungan tempat tinggal kita, yang tersisa cuma nyaman, damai dan tentram.

Tetangga kita adalah cerminan diri kita sendiri, apabila kita sudah berusaha menjdi tetangga yang baik, maka kebaikan yang akan datang pada kita, begitu pula sebaliknya.

Bagaimana, sudahkah anda? (dinnaherly)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: