Pabrik Gula di OKU Timur beroperasi April 2010

PALEMBANG – Untuk menstabilkan harga gula yang terus merangkak naik akhir-akhir ini, disperindag Sumsel lebih memilih menunggu produksi pabrik gula baru di oku timur yang akan beroperasi april 2010 mendatang.

Menurut Kepala Disperindag Sumsel Eppy Mirza pabrik gula di OKU timur ini kapasitas produksinya mencapai 140 ribu ton atau melebihi kebutuhan kosumsi gula sumsel yang sekitar 120 ribu ton.

Selama ini, menurutnya kebutuhan gula sumsel tergantung pada produksi gula cinta manis yang produksinya hanya 50 ribu ton. Sementara kekurangannya didatangkan dari daerah sekitar seperti lampung dan dari impor gula. Sehingga sangat wajar kalau harga gula di sumsel kurang stabil.

Oleh karena itu, jika pabrik gula sudah bisa produksi maka dapat dipastikan pada akhir tahun sumsel surplus gula mencapai 70 ribu ton. Surplus dapat menyuplay provinsi tetangga sumsel.

Sementara, Harga gula di pasar tradisional kota Palembang saat ini terus merangkak naik hingga mencapai level 12 ribu per kg. Kenaikan ini disebabkan stoknya terbatas, namun demikian menurut eppy mirza masih dalam level yang aman, selain itu juga kenaikan harga gula disebabkan oleh faktor secara global akibat menurutnya stok gula secara golbal. (Fatur)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: