FPKS Gagas Raperda Kebakaran Hutan dan Lahan

PALEMBANG – Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggagas raperda kebakaran hutan. Raperda tersebut akan menjadi raperda berdasarkan hak inisiatif dewan. Hal tersebut diungkapkan Ketua Fraksi PKS DPRD Sumsel Yuswar Hidayatullah yang juga Wakil Ketua Badan Legislasi DPRD Sumsel. Raperda tersebut akan menjadi bagian dari usulan-usulan yang muncul dari inisiatif anggota DPRD Sumsel.

Dijelaskan Yuswar, munculnya keinginan mengusulkan raperda tersebut mengingat masyarakat Sumsel masih ada yang mengolah lahan secara tradisional. Diantaranya membuka lahan dengan cara membakar lahan.
“Selama ini masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar bisa dikenai hukuman. Padahal luasan lahan kecil dan terbatas areanya,” ujar Yuswar, Senin (11/1). Raperda tersebut nantinya mengatur pembakaran lahan agar tidak meluas. Ada syarat-syarat yang dibuat sehingga pembakaran lahan untuk tujuan membuka lahan tradisional terkendali.

“Selain itu juga mengatur kewajiban terhadap perusahaan perkebunan atau hutan tanaman industri untuk menyiapkan peralatan antisipasi kebakaran lahan,” ujar Yuswar yang ditemui di Fraksi PKS DPRD Sumsel. Disebutkan bahwa untuk menggolkan raperda tersebut butuh kajian mendalam. Jangan sampai raperda tersebut berbenturan dengan aturan pelarangan pembakaran hutan yang sudah dikeluarkan sebelumnya. (Sripo/Jon)

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: