Gurita

PALEMBANG(10/01) – Selayaknya sebuah tekanan, pada akhirnya yang ditekan itu akan mencapai satu titik kritis sesaat sebelum akhirnya ia lepas. Seperti sebuah inhibisi yang mendesak untuk didobrak. Itulah hakikatnya sebuah larangan. Termasuk issue untuk melarang beredarnya buku Gurita Cikeas yang ditulis oleh George Aditjondro, ia malah akan melahirkan keinginan publik untuk mengetahui isi buku tersebut.

Jafis yang hadir dalam Blogger Community Minggu ini mengatakan bahwa saat inilah adalah momen yang tepat bagi pemerintah untuk menggunakan pasal pencemaran nama baik dengan benar dan tepat. Jafis mengungkapkan bahwa jika memang isi dari buku Gurita Cikeas itu adalah fitnah, maka harus dituntut dengan pasal pencemaran nama baik, bukan malah melarang buku itu. Dengan adanya pelarangan, maka masyarakat akan berpikir bahwa jangan-jangan buku tersebut menceritakan hal yang benar.

Jafis sudah baca bukunya? “Sudah. Saya punya ebooknya. Saya pikir Vira dan para netter juga sudah punya file buku tersebut karena saat ini kemudahan akses gratis bisa dilakukan kapan dan oleh siapa saja,” Ujar Jafis yang sudah membaca buku itu.

Sebetulnya tak hanya buku Gurita Cikeas, sudah ada beberapa buku yang dilarang di Indonesia karena dianggap mengganggu ketertiban umum. Salah satu yang sempat ramai dibahas adalah buku yang berjudul ‘Lekra Tak Membakar Buku’ yang juga tak boleh beredar.Jafis berpendapat bahwa pelarangan buku dan undang-undang yang mengaturnya sangat tidak jelas. Karena jika sebuah buku dikatakan mengganggu ketertiban umum, ketertiban umum yang seperti apa, karena membuat buku saat ini sangat mudah.

Pelarangan buku Gurita Cikeas ini memang baru wacana. Entah benar atau tidaknya, kita tunggu waktu saja. Namun jika memang buku ini dilarang, saya semakin bertanya-tanya, jangan isi buku tersebut memang benar adanya. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: