TB

PALEMBANG(08/01) – Saya tidak menyangka bahwa di kota sebesar dan cukup modern seperti Palembang ini, masih banyak orang yang menganggap bahwa TB (Tuberkolosis) adalah penyakit guna-guna. Mereka lebih percaya bahwa TB penyakit yang bersumber dari ilmu hitam daripada penyakit yang disebabkan oleh kuman. Kenapa begitu ya? Kepala Seksi Surveylen dan Penyebarluasan Informasi Dinas Kesehatan Kota Palembang, Elina, bahwa rumornya penyakit TB ini dianggap penyakit orang miskin, jadi gak ada yang mau ngaku kena TB.

Begitulah adanya, sebetulnya, mau orang miskin atau orang kaya, kuman Tuberkolosis ini dapat menyerang siapa saja karena TB atau Tuberkolosis ini merupakan penyakit yang gampang sekali menyebar disebabkan oleh Mycobacterium Tubercolosis. “Lewat udara yang dikeluarkan oleh penderita TB dan juga dorplet atau air ludah, penyakit ini bisa menyebar,” Ujar Elina.

Jadi kalau kita satu angkutan umum sama orang yang kena TB gimana donk ? “Makanya kita harus terus menjaga kesehatan agar antibodi tetap terjaga, yang standar aja koq, olahraga, makan sehat, nggak merokok,” Himbau elina. Selain yang disebutkan tadi, kita juga sebaiknya selalu melancarkan sirkulasi udara di kamar tidur, menjemur kasur, karena kuman ini sangat suka berada di tempat gelap dan lembab. Kuman TB ini akan mati oleh paparan sinar matahari.

Penderita TB dapat meninggal dunia jika tidak tuntas dalam melakukan pengobatan. Misalnya seorang penderita yang dinyatakan positif TB, harus diberi obat yang diminum secara teratur sampai tuntas selama 6 – 8 bulan. Selama masa pengobatan ini diperlukan tahap pemeriksaan awal dan satu bulan sebelum masa pengobatan berakhir, serta yang terakhir yakni, di akhir masa pengobatan. Obat TB ini diberikan secara gratis dan dapat diperoleh di Puskesmas / Rumah Sakit di Palembang. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: