Toton Dai Permana

PALEMBANG(07/01) – Saya menjalani hidup ini tanpa target, semua mengalir begitu saja dan saya pun tidak menolak aliran itu. Hal inilah yang paling saya ingat ketika tadi malam menghabiskan waktu hampir satu jam bersama seorang penulis novel yang juga merupakan Kepala Bagian Humas di Pemprov Sumatera Selatan.
(Toton paling kiri)
Ya, laki-laki beranak dua ini pernah hadir di Trijaya sebelumnya ketika talkshow seputar ‘Angin’, novel pertama yang ia tulis. Ia tampak begitu bersemangat membicarakan ‘Angin’. Mungkin karena memang keinginan memiliki sebuah novel ini sudah mengakar sejak lama. Bisa jadi sejak ia pertama kali menulis cerita pendeknya, sesaat setelah ia menamatkan sekolah menengah atasnya. “Selepas SMP, saya masuk ke Sma Negri 3, namun karena saat remaja saya nakal, saya lalu pindah ke Sma Negri 1,” Ujar pria yang merupakan putra sulung dari empat bersaudara ini.

Ia mengaku lahir dari bapak yang tidak meninggalkan apa-apa kecuali buku. “Hanya buku lah yang bisa menyelamatkan kalian,” kenangnya ketika saya bertanya mengenai aliran sastra yang ada dalam darahnya, yakni dari sang bapak. “Bapak saya memperkenalkan saya pada banyak puisi, jadi memang dari awal saya dan adik-adik saya sangat erat dengan dunia sastra,”.

Meski begitu, Ia tak mengenalkan dirinya sebagai seorang sastrawan atau penulis atau seniman. “Saya abdi negara,” ujarnya mantap. Ia berpendapat bahwa sebagai PNS lah ia dapat hidup dan menghidupi istrinya, Rosy Lawiyah, perempuan yang memberinya seorang perempuan lagi yang menginspirasi, seorang putri, dan juga seorang putra yang berani.

“Apa saja, yang penting hidup ini harus penuh karya,” Ujar Toton Dai Permana, si penulis Angin. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: