Gubernur Sumsel Belum Terima Peraturan Mendagri Penyelesaian Sengketa Perbatasan Kabupaten Muba dan Mura

PALEMBANG – Konflik perbatasan yang memperebutkan kawasan sumur minyak bumi dan gas (migas) Suban IV antara dua daerah bertetangga di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), yaitu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan Kabupaten Musi Rawas (Mura) memasuki babak baru.

Pekan ini mencuat kabar, untuk penyelesaian konflik tersebut sudah ada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) yang memutuskan kawasan sumur migas Suban IV yang diperebutkan dua kabupaten tersebut dibagi dua.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin Kamis (7/1) mengatakan belum tahu tentang proses penyelesaian melalui Peraturan Mendagri tersebut. “Saya belum menerima dan melihat keputusan tersebut, saya baru tahu dari koran,” ujarnya.

Menurut Alex Noerdin, untuk memastikan ada tidaknya Peraturan Mendagri dalam penyelesaian sengketa perbatasan antara Kabupaten Muba dan Mura tersebut, Gubernur Sumsel masih akan menunggu kepastian informasinya dari Departemen Dalam Negeri.

Sementara itu sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mura melalui Eggy Sudjana dari tim advokasi pemkab setempat akan mempertanyakan dan mempelajari Peraturan Menteri Dalam Negeri tersebut. Pemkab Mura mempertanyakan begitu cepatnya proses penyelesaian sengketa kepemilikan sumur migas Suban IV yang langsung mengeluarkan Permendagri.

Tersiar kabar Permendagri tersebut ditandatangani Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pada 4 Januari 2010 dengan mengacu surat rekomendasi Gubernur Sumsel yang menyatakan sumur Suban IV berada di tengah-tengah kedua kabupaten yang ditandai titik P9.
Tim Advokasi Pemkab Mura mempertanyakan cepat proses terbitnya Peraturan Mendagri tersebut. Padahal sebelumnya sudah ada Peraturan Mendagri yang lama No.63 Tahun 2007 dan proses terbitnya Permendagri tersebut melalui tahapan-tahapan yang sah.

Sementara itu di lingkungan Pemkab Muba masih pada sikap semula dengan menyatakan keberatan terhadap Peraturan Mendagri No.63 Tahun 2007 yang menetapkan sumur gas Suban IV masuk dalam wilayah Kabupaten Mura. (Rep/Fir)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: