Nasionalis Memilih Produk

PALEMBANG(07/01) – Perdagangan bebas. Siapkah kita? siap nggak siap ya harus siap melihat pasar Indonesia dibanjiri produk dari China. Dalam Bisnis Talk Rabu malam itu, kebetulan salah seorang kawan Trijaya dalam facebooknya membuat status begini : ‘Perdagangan bebas dimulai..!! kalo hp china, tv china dan motor china sdh biasa.., Jangan kaget nanti ada becak china’.

Trijaya kemudian menghubungi si pemilik status, Alessandro Alles, mengkonfirmasi seputar status yang dituliskan tersebut. Dia mengungkapkan bahwa era perdagangan bebas memang sudah dimulai, produk China akan sangat mudah ditemukan. Ale sendiri mengaku memiliki satu handphone buatan China. “Handphone bikinan China ini hebat, gak ada negara yang bisa bikin handphone ada kameranya, ada tivinya dengan harga yang sangat murah,”.

Bagaiamana dari segi kualitas barang China? Ale mengungkapkan bahwa memang kualitias tidak terlalu baik, namun produk China ini dipilih karena murah. Persaingan antara produk China dan Indonesia juga mungkin akan sangat ketat terkait persaingan harga dan inovasi produk.

“Misalnya nih, ada produk yang sama dengan fitur sama dari Indonesia dan China. Yang Indonesia harganya seratus ribu, yang China harganya tujuh puluh lima ribu, Pak Ale pilih mana?” Tanya saya. Lalu Ia menjawab “Saya pilih yang bikinan Indonesia donk, karena saya kan nasionalis,” ungkap Ale,

Well, jawaban menarik. Salah satu penyelamat paling berkhasiat dalam menghadapi produk-produk hina yang banjir adalah dengan ‘pil nasionalisme’. Namun, apakah konsep nasionalisme yang dikaitkan dengan prinsip ekonomi di masyarakat menengah bawah dapat diterapkan? mengingat sepertinya konsep ini adalah satu ide yang sangat ‘tinggi’. (Vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: