Kerajinan Sumsel bisa bertahan dari FTA China – Asean

FALEMBANG – Free Trade agreement (FTA) atau perdagangan bebas asean-china diprediksi bakal memukul industri kerajinan dalam negeri termasuk Sumsel, Namun tidak halnya dengan kerajinan songket Sumsel yang dinilai tidak akan tersingkir oleh perdangan bebas terutama dari gempuran produk tekstil China.

Hal ini dikemukakan Kepala Disperindag Sumsel Eppy Mirza kepada trijaya hari ini di ruang kerjanya.

Dia mengatakan songket mempunyai keunggulan kultur yang berakibat pastinya konsumsen songket. Keunggulan itu diantaranya motif yang terdiri dari 32 motif menjadi warisan turun menurun khas palembang yang tidak akan didapat dari daerah lain.

Selain itu kultur songket menurut eppy mirza merupakan identik songket palembang. Sehingga menurutnya tekstil china tidak akan menggusur songket, mungkin yang harus diwaspadai adalah tiruan namun ini tidak akan berdampak serius.

Hanya saja mungkin yang menimbulkan dampak serius akibat FTA adalah pada produk tekstil seperti baju dan sepatu.
Tetapi dampak ini di sumsel tidak dirasakan pasalnya di sumsel tidak ada produsen tekstil dan sepatu. Justru jika sumsel mampu memproduksi masal songket dengan murah maka dapat diekspor dan bersaing dipasar asean dan China.

Eppy Mirza menambahkan mayoritas ekspor sumsel terdapat pada kekayaan alam yang tidak dimiliki oleh China sehingga sumsel merupakan kawasan yang siap FTA, ekspor Sumsel didominasi oleh karet, CPO, kayu lapis, batu bara dan lainnya. Nilainya cukup tinggi bagi sumsel US $ 1,6 Milyar perjanuari hingga Oktober 2009, namun jika dibandingkan tahun 2008 turun 44,6 persen dari US$ 3,06 Milyar.

Turunnya nilai ekspor hasil evaluasi disebabkan oleh krisis global yang menimpa seluruh eropa dan amerika sehingga berdampak dengan eskpor. (Fatur)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: