1.400 Calon Penghuni Rumah Murah Diseleksi

PALEMBANG – Sebanyak 1400 pegawai Negeri sipil (PNS) dan guru golongan III calon penghuni rumah murah di Jakabaring yang dinyatakan lolos administrasi, kini diseleksi oleh Bank Sumsel untuk proses akad kredit.

Untuk calon penghuni dari kalangan PNS, sepertinya pihak bank tidak begitu menemui kendala. Hanya saja, bagi calon penghuni rumah murah sektor non formal di Musi II dan sebagian kecil di Jakabaring, saat ini belum ada format yang jelas khususnya menghimpun biaya angsuran rumah.

Hal itu dikemukakan Asisten III Bidang Kesrah Setdaprov Sumsel dr H Aidit Aziz kepada Sripo, Kamis (7/1) di ruang kerjanya.

Dari 1400 calon penghuni, tentunya akan diseleksi secara ketat dan disaring menjadi 750-900 orang calon, karena 100 rumahnya diperuntukan bagi orang-orang yang mendapat hadiah atau kesempatan dari Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH.

“Untuk PNS dan guru tidak ada masalah, karena bank langsung memotong dari gaji mereka. Tapi, sektor non formal siapa yang akan menjaminnya. Bagaimana jika mereka pindah atau dijual ke orang lain. Itu yang menjadi pertimbangan,” katanya.

Dikatakan Aidit Aziz, bank akan melakukan seleksi dengan mengukur tingkat kemampuan membayar. Artinya, gaji tersisa tidak boleh di bawah Rp 500 ribu. Diyakini, kemungkinan guru dan PNS golongan III banyak potongan sehingga dilihat gaji yang tersisa dari rata-rata gaji yang diterima Rp 2,5 juta/bulan. Potongan pun juga dilacak untuk pembayaran apa saja.

“Kalau ternyata di bank lain ada membayar cicilan rumah, otomatis dibatalkan hak kepemilikannya di rumah murah. Pak Gubernur ingin, mereka yang tinggal di rumah murah, memang tidak ada rumah,” katanya. (Sripo)

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: