LBH Palembang : Pelanggaran HAM di Sumsel 2009 meningkat

PALEMBANG – Lembaga bantuan Hukum (LBH) Palembang mencatat adanya kenaikan jumlah kasus yang mereka tangani di Kabupaten Musi banyuasin dalam program bantuan hukum gratis sepanjang tahun 2009 ini. Berdasarkan catatan LBH Palembang pengaduan masyarakat yang diterima LBH Palembang tahun 2009 sebanyak 110 kasus. Sedangkan tahun 2007 hanya 54 kasus dan tahun 2008 sebanyak 86 kasus.

Direktur LBH Palembang, Eti Gustina dalam siaran persnya mengatakan, dari beberapa pengaduan tersebut, terdapat kasus pelanggaran HAM baik dalam kerangka hak sipil politik maupun hak ekosob masyarakat seperti penembakan dan penangkapan sewenang-wenang oleh aparat kepolisan, konflik pertanahan dan kasus Perburuhan. Selain itu juga terdapat kasus-kasus pidana umum dan perdata umum. Adapun rincian kasusnya, pelanggaran Hak ekosob sebanyak 41 kasus, hak sipil politik 14 kasus,kasus pidana umum 26 dan kasus perdata 29 kasus.
Pelanggaran hak ekosob diantaranya adalah konflik pertanahan. Sedangkan hak sipil politik anatar lain kekerasan yang dilakukan oleh aparat kepolisian, kriminalisasi dan diskriminasi dalam penegakan hukum dan keadilan, serta pelanggaran HAm yang bersifat pembiaran.

Sementara itu , melalui program bantuan hukum gratis untuk masyarakat miskin kerjasam LBH dengan Pemprov Sumsel, menurut Eti, sepanjang tahun 2009, pihaknya telah mendampingi sebanyak 16 kasus yang terdiri dari kasus pertanahan, perburuhan dan lain-lain.(Fir)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: