Angin

PALEMBANG – Senangnya kalau ini memang merupakan indikasi bahwa sastra di Sumatera Selatan akan segera bertumbuh dengan baik. Kembali bincang-bincang buku di Blogger Community (27/12) kali ini bersama seorang penulis dari Palembang. Palembang memang punya beberapa penulis, tapi beberapa itu sangat sedikit sekali, sulit untuk menyebutkan sepuluh judul novel yang lahir di kota ini.

Satu diantara yang sulit itu adalah novel berjudul ‘Angin’. Sebuah novel yang ditulis oleh Toton Dai Permana, novel perdananya. Siapa sebetulnya Toton? Toton memanglah nama pena-nya. Nama lahirnya yaitu Thontowi Herijun Eka Permana, yes, dia adalah Humas Pemprov Sum-Sel.

Jangan apatis dulu tapi dengan embel-embel pegawai negri nya itu, apalagi di paling belakang buku ini dapat kita jumpai seringkas kata dari Gubernur Sum-Sel. Mungkin anda juga sama seperti saya pada awalnya ‘Ah, pasti novel yang isinya terdapat sejenis hidden agenda’. Lalu saya mulai membaca novel ini dan menganggap bahwa novel ini sangat menarik.

Dialog yang cerdas dapat anda temukan di sini. “Karena saya sudah lama sekali bergelut di dunia teater yang erat kaitanya dengan dunia sastra, dari situlah saya merangkai dialog dalam angin,” Ujar Toton yang hadir langsung ke studio untuk ngobrol seputar novel nya ini.

Ya, Anda dapat melihat track record yang panjang di halaman 241 novel Angin ini mengenai si penulis. Novel ini bercerita tentang cinta yang pahit, realita dunia jurnalistik, idealisme dan keberanian. menggunakan bahasa yang gampang dimengerti, Angin, sangat enak untuk dikonsumsi.

Maspriel Aries, Koordinator IJP (institut Jurnalistik Palembang) ternyata juga ikut dalam melakukan proses editing novel ini. “Semoga novel perdana yang diterbitkan oleh IJP ini dapat memberikan stimuli bagi dunia kepenulisan di Palembang sehingga para penulis yang memang memiliki karya yang layak edar tak perlu jauh-jauh lagi melancong ke Jakarta”, ujar Maspriel. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: