Luna oh Luna

PALEMBANG – Kali ini Luna Maya yang terjerat UU ITE. Sebelum panjang lebar membahas masalah Luna Maya ini, saya akan mengutip terlebih dahulu Undang-undang yang dijadikan landasan pekerja infotaintment yang melaporkan Luna Maya. Yaitu, Terancam dikenakan pasal 27 UU ITE dengan ancaman penjara maksimal 6 tahun atau denda Rp 1 miliar. Undang-undang ini dijadikan dasar untuk menjerat Luna yang menuliskan hal ini :

“Infotainment Derajatnya Lebih HINA drpd PELACUR, PEMBUNUH!!! May Ur Soul Burn in Hell”>>> inilah status twitter Luna Maya yang membuat geram pekerja infotaintment.

“Luna Maya berlebihan tapi sikap pekerja infotaintment itu lebih berlebihan lagi,” Ujar Ira Hairida atau ‘itikkecil’ yang sempat hadir membahas Luna Maya di Bloger Community, Minggu (20/12) yang lalu. Yang disesalkan oleh Ira adalah undang-undang itu sendiri yang sangat ambigu. Pasa tersebut mengandung interpretasi yang sangat luas sehingga memang terdapat celah bagi kasus seperti Luna ini.

Ira juga panjang lebar mengungkapkan pendapatnya bahwa seharusnya pekerja infotaintment tersebut lebih legowo menghadapi ‘hujatan’ yang demikian. “Saya pikir para pncari gosip itu juga harus tau etika jurnalistik, ketika narasumber tidak mau diwawancara berarti jangan terus mendesak, apalagi yang dicari-cari itu kan masalah pribadi,” ujarnya.

Akhirnya, Trijaya menghubungi Buyung Wijaya Kusuma, wartawan Kompas menayakan seputar etika jurnalistik. Buyung pun mengungkapkan bahwa wartawan yang benar adalah wartawan yang tahu etika jurnalistik yang baik. Tidak ada pemaksaan bagi narasumber untuk bicara.

Selain Ira Hairida, nggak ketinggalan Jafis yang juga hadir, Jafis semangat mengatakan bahwa artis itu berbeda dengan pejabat publik. “kalau masalah Century memang mau dikejar sampai gimana juga nggak masalah karena kasusnya menyangkut publik, menyangkut milik rakyat, namun kalau permasalahan Luna ini kan bukan urusan publik, Luna berhak untuk tidak mengungkapkan apa yang tidak ingin ia ungkapkan, karena dia bukan dibayar oleh pajak,” ujar Jafis. (vira)

  1. kalo luna mpe beneran di sidang pa lg mpe msuk pnjara bnrn,, bsa ngamuk noh fans2nyaa.. lgian, ga bsa bayangin dch kalo luna msuk pnjaraa.. bhkan cuma stngh hari!!! trus, coba byngin: nti tipi indo isinya bikin mlz, ogah nonton coz artis2nya di isi ma muka2 ga snonoh macem dewi prsik n julia perez! bikin sakit mata ajaa.. #just kidding ;D takut kna uu ite n pnghinaan hehe..#

  1. Januari 6th, 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: