Kabar dari Laos : Emas Voli Pantai Kokohkan Posisi Indonesia

VIENTIANE – Tambahan satu medali emas dan satu perak di cabang voli pantai putra mengokohkan kontingen Indonesia di posisi tiga klasemen SEA Games 25th Laos 2009 hingga pagi ini.

Pada partai final yang digelar di beach volleyball National Stadium Complex, Laos kemarin siang. Dua pasangan voli pantai terbaik Indonesia saat ini Andy Ardiansyah-Koko Prasetyo Darkuncoro (Indonesia 1) dan Suratna-Dian Putra Santosa (Indonesia 2) bertanding tanpa beban. Sebab apapun hasilnya medali emas dan perak sudah pasti jatuh ke genggaman kontingen Indonesia.

Meski secara peringkat maupun pengalaman pasangan Suratna-Dian masih dibawah seniornya Andy-Koko. Koordinasi yang baik antara menyerang dan bertahan membuat mereka sempat unggul jauh dari pasangan Indonesia 1. Akan tetapi faktor pengalaman dan ketenangan bermain membuat pasangan Andy-Koko perlahan namun pasti menyusul raihan poin Suratna-Dian. Terus ditekan seniornya, Suratna-Dian tampak gugup dan serba salah dalam mengantisipasi bola. Unforced error pun sering dilakukan Suratna-Dian di akhir set pertama. Sehingga set pertama ini direbut pasangan Andy-Koko dengan skor 21-17.

Memasuki set kedua, permainan berlangsung tidak berimbang. Pasangan Indonesia 2 yang berupaya menyeimbangkan kedudukan tampak terburu-buru menyelesaikan peluang yang didapat. Mereka terlihat lebih santai dan menikmati pertandingan set kedua. Keduanya pun tidak terlihat ngotot dan hanya bermain santai dengan sesekali menerapkan bola tipuan. Pola ini ternyata cukup efektif untuk meredam permainan agresif juniornya itu. Bahkan perolehan angka Andy-Koko melesat tak terkejar. Mereka mengakhiri set kedua dengan skor 21-9 dan memastikan target meraih medali emas SEAG 2009 tercapai.

”Alhamdulillah target kita meraih medali emas bisa terpenuhi. Sebenarnya Suratna-Dian main bagus hari ini, tapi keduanya terpancing emosi dan terburu-buru menyelesaikan peluang. Sehingga saya dan Andy memilih main pelan saja dan itu cukup efektif,” kata Koko Prasetyo Darkuncoro yang juga atlet binaan Bank Sumsel ini.

Pelatih voli pantai Indonesia Agus Salim mengatakan, hasil final ini sesuai prediksi di atas kertas. Sebab pengalaman bertanding pasangan Indonesia 2 masih dibawah Indonesia 1. Meski demikian, Agus tetap merasa bangga para atletnya bisa memberikan hasil terbaik bagi kontingen Indonesia.

”Sebelum pertandingan pun diatas kertas Andy-Koko lebih diunggulkan dari Suratna-Dian. Tapi semangat keduanya untuk meraih hasil terbaik patut kita apresiasi positif,” jelas mantan atlet voli pantai yang kini menangani tim voli pantai Indonesia. (Laporan Jon Morino langsung dar kota Vientiane, Laos)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: