Tahun Baru Islam

PALEMBANG – Besok 18 desember 2009, melalui perhitungan Masehi, adalah Tahun Baru 1431 Hijriyah. Tahun baru-nya Umat Islam. Koq bisa beda-beda ya? sementara jika menggunakan penanggalan Masehi, maka tahun baru ya berada di penghujung tanggal 31 Desember 2009 yang terhitung kurang lebih dua minggu lagi.

Bersama Ustad Mugiono Abu Afifah dalam Mutiara Sore Rabu (16/12) dijelaskan tentang latar belakang historis perbedaan penanggalan ini. Tahun Masehi yang berdasarkan rotasi bumi ini tahun kesatunya  dimulai pada kelahiran Yesus menurut keyakinan kaum Nasrani. Dasar perhitungan
menurut sistem ini adalah : pertama, rotasi bumi disebut satu
hari = 24 jam dan kedua revolusi bumi disebut satu tahun = 365,25 hari.

Masuknyapara penjajah yang sebagian besar beragama nasrani ke Indonesia menggeser penggunaan sistem penanggalan ijriyah yang sebelumnya sudah ada di Indonesia. “Tapi perbedaan ini tidak memiliki pengaruh fundamental jika dikaitkan dengan aktivitas sosial masyarakat, namun memiliki perbedaan cukup besar dalam hal aktivitas agama,” ujar Ustad.

Bagaimana dengan sejarah penanggalan Hijriyah itu sendiri? Jadi dulu zaman Nabi Muhammad para sahabat Nabi Muhammad sepakat untuk membuat sistem penanggalan baru yang berbeda dengan sistem lama sebelum zaman Islam. hingga akhirnya ditetapkanlah dulu tahun ke satu dihitung sejak Nabi Muhammad SAW lahir, namun ternyata setelah dirundingkan, pada saatNabi Muhammad SAW lahir, sesungguhnya Islam belum ada, sehingga alternatif ini dibatalkan.

Versi berikutnya yaitu akan menetapkan tanggal pertama yakni saat Nabi Muhammad SAW mendapat wahyu ketika umurnya 40 tahun, tetapi setelah juga melalui proses perundingan, pada saat itu, Islam hanya dimiliki oleh Nabi seorang diri sehingga kurang melambangkan Islam yang besar.

Hingga akhirnya ,pada tahun 638 M (17 H) ditetapkan sebagai awal patokan penanggalan Islam yakni dimana hijrahnya Nabi Muhammad dari Mekkah ke Madinah. Ini ditetapkan karena melambangkan perjuangan umat Muslim untuk mempertahankan akidahnya.

Tapi ya walaupun di sini sejarahnya berbeda-beda, tapi lebih baik nggak perlu dipusingkan ya, karena ini hanyalah masalah penanggalan dan perbedaan hitung aja. Nggak perlu repot-repot mau ribut segala. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: