Sekolah Tentukan Kelulusan

PALEMBANG – Ujian Nasional (UN) tidak lagi menjadi syarat mutlak menentukan siswa tersebut lulus tidak dari sekolah tempatnya mencari ilmu. Departemen Pendidikan nasional memberikan ketentuan siswa yang lulus harus menyelesaikan semua rangkaian pendidikan, berahlak barik, lulus ujian sekolah dan Lulus UN.

Hal ini dikatakan Kadis Diknas Sumsel Drs Ade Karyana MEd kepada wartawan, Rabu (16/12). Menurutnya, pemerintah tetap melaksanakan UN untuk setiap provinsi. Hanya saja, ada sedikit perbedaan dari pelaksanaan UN tahun sebelumnya. Nilai-nilai rata-rata kelulusan minimal 5,5. Jika UN pada 22-26 Maret 2010, seorang siswa gagal, maka yang bersangkutan mengikuti ujian susulan tanggal 29 Maret 2010. Kalau juga siswa tidak lulus, maka disiapkan ujian ulangan tanggal 10-14 Mei 2010. “Untuk penentuan kelulusan siswa, semua diserahkan kepada sekolah masing-masing,” kata Ade Karyana.

Untuk memantapkan pelaksanaan UN, maka Diknas Sumsel mulai 22 Desember 2009 melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Terutama mata-mata pelajaran yang akan di-UN-kan, yakni bahasa inggris,  bahasa indonesia dan matematika, sedangkan untuk SMK ditambah dengan praktek kejuruan. Untuk pengawasan UN SMA tetap melibatkan Perguruan Tinggi, sedangkan untuk SMP langsung diambil alih Diknas Sumsel. “Siswa tetap ujian di sekolah masing-masing. Hanya saja pengawasnya saja yang disilang,” katanya.

Disinggung mengenai pro dan kontra atas putusan MA yang membatalkan UN, Ade Karyana mengatakan, dalam putusan MA tidak menyebutkan adanya pembatalan UN. Untuk itu, UN tetap dilaksanakan dengan penyelenggaraan yang baik dan jujur. Dan UN dijadikan salah satu bentuk evaluasi yang tidak bisa ditinggalkan. “Jadi intinya, UN tetap digelar,” kata Ade karyana.(Sripo)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: