Kabar dari Laos : Harga Cindermata Tak Sebanding Kualitas

VIENTIANE – Jelang penutupan SEA Games 25th Laos, perburuan cinderamata pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara ini meningkat. Namun, sangat disayangkan disaat permintaan meningkat, harga yang dipatok penjual tidak sebanding dengan kualitas produknya.

Seperti yang terlihat di bagian belakang National Stadium Complex yang menyediakan beragam pernak-pernik khas SEA Games 25th Laos, mulai dari gantungan kunci, mug, dompet, tempat kertas, kaos, syal, tatakan gelas, hiasan dinding, dan bendera yang semuanya diberi logo SEA Games 25th Laos. Namun, diantara sekain banyak jenis cinderamata tersebut yang paling banyak diburu adalah boneka maskot SEA Games 25th Laos yakni boneka Champa Champi berbentuk gajah yang berwarna abu-abu dan pink.

Namun disayangkan, keinginan para pengunjung baik itu atlet, ofisial, pendukung, maupun jurnalis untuk membeli beragam cinderamata itu harus tertahan oleh tinggingya  harga yang ditawarkan. Sebab untuk ukuran Indonesia, harga yang dipatok lumayan mahal, seperti gantungan kunci dengan kualitas bagus dihargai 25.000 kip sedangkan gantungan kunci dengan kualitas dibawahnya dipatok 11.000-13.000 kip. Disini juga ditawarkan paket hemat dimana penjual menawarkan gantungan kunci dari 26 cabang olahraga plus satu logo SEA Games 25th Laos dengan harga 200.000 kip.

Kaos berlogo SEA Games 25th Laos yang diakui oleh penjual adalah produk resmi SEA Games 25th dipatok pada harga 30.000 kip hingga 150.000 kip sedangkan jaket SEA Games 25th juga tersedia dengan kisaran harga 150.000 kip hingga 600.000 kip. Meski diakui sebagai barang resmi SEA Games 25th Laos, namun secara kualitas masih sangat jauh berbeda dengan kaos-kaos yang dijual di Indonesia.

Menurut Sulis seorang jurnalis asal Indonesia, dirinya menunda pembelian kaos SEA Games 25th Laos dikarenakan produk yang dikatakan original SEA Games 25th Laos tersebut tidak sesuai antara harga dengan kualitas produk.

“Kalau di Indonesia malah mirip kaos yang dibagikan saat kampanye.” ujar Sulis.

Boneka maskot SEAG 2009 Champa Champi yang dijual terbatas di tempat-tempat resmi pun tidak cukup memuaskan calon pembeli. Boneka ukuran kecil dilepas di kisaran 26.000 kip. Ukuran sedang 58.000 kip. Sedangkan boneka ukuran besar dipatok dengan harga 150.000 kip. Namun sekali lagi, kualitas bahan yang digunakan untuk membuat boneka tersebut tidak terlalu baik. (Laporan Jon Morino langsung dari kota Vientiane, Laos)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: