Kabar dari Laos : SEA Games 2009 Laos, SEAG Bebas Rokok

VIENTIANE – Pelaksanaan SEAG 2009 memang sangat ketat bagi para perokok. Jangan harap anda bisa menyalakan rokok untuk dihisap di venues pertandingan. Baru juga menyelipkan rokok di bibir dan mengeluarkan korek api, maka segera mungkin pihak keamanan yang terdiri dari polisi dan tentara akan mendekati dan meminta untuk membatalkan niat menghisap rokok tersebut. Jika anda bersikeras, maka siap-siap saja untuk berurusan dengan aparat keamanan yang sama sekali tidak mengerti bahasa Inggris.

Berbagai pengumuman berupa leaflet dan stiker yang menerangkan mengenai larangan merokok di Laos berada di setiap venues pertandingan. Bahkan secara acak, panitia mengirimkan volunteer ke beberapa venues untuk mensosialisasikan larangan merokok di Laos. Bahkan, panitia setempat sengaja memakai kostum, topi, bahkan boneka raksasa yang mengingatkan bahwa SEA Games Laos itu bebas rokok.

Media Officer Tobbaco Control Adventist Development and Relief Agency (ADRA) Laos, Youda Kongsengphengphet mengatakan, panitia SEAG 2009 tidak hanya melarang aktifitas merokok di sejumlah venues SEA Games. Akan tetapi juga tidak memperbolehkan aktifitas penjualan atau promosi rokok sepanjang even SEAG Laos digelar.

“Kebijakan bebas rokok di SEA Games 2009 Laos, juga didukung dengan regulasi pemerintah setempat. Apalagi ibukota Laos,Vientiane, pada 28 Agustus 2009 juga dicanangkan sebagai kota bebas rokok,” tegas Youda.

Ditambahkan Youda, atas kerjasama antara Depkes Laos, WHO, dan ADRA Laos, kebijakan bebas rokok dapat diwujudkan di sejumlah kota di Laos. “Bebas rokok akan melindungi publik dan semua atlet dari ancaman menjadi perokok pasif,” pungkas Youda.

Ketika ditanyakan kepada Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin yang juga Chef De Mission (CDM) Indonesia di SEA Games (SEAG) 2009, beliau sangat mendukung kebijakan pemerintah Laos ini. Bahkan ia bertekad meneruskan tradisi bebas rokok saat pelaksanaan SEAG 2011 di Sumsel. Untuk itu Alex meminta dukungan masyarakat Sumsel, untuk mensukseskan SEAG 2011 mendatang yang bebas rokok.

”Larangan yang diterapkan pemerintah Laos ini bukan hal aneh lagi bagi kita. Sebab di Palembang saat ini, sejumlah tempat sudah bebas rokok. Kita harapkan pada 2011 nanti, semua venues SEA Games di Sumsel juga bebas rokok seperti halnya di Vientiane ini,” kata Alex. (Laporan Jon Morino langsung dari kota Vientiane, Laos)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: