Kabar dari Laos : Menembak Sumbang Satu Emas dan Satu Perak

VIENTIANE – Pundi-pundi medali kontingen Indonesia terus bertambah. Pada hari kedua SEA Games 25th Laos hari ini, cabang menembak berhasil meraih satu emas dan satu perak.

Medali emas pertama Indonesia dari cabang menembak di SEA Games 25th Laos dipersembahkan Elly CH di nomor sport rifle prone women. Di nomor ini Elly mencatatkan poin 594 mengungguli Pitchitkan Janako (Thailand) dengan poin 592 dan Ngadon Th (Vietnam) yang mengumpulkan poin 590. Sebenarnya satu atlet menembak Indonesia lainnya yaitu Maharani Ardy juga meraih poin 590. Namun karena penghitungan juri atlet asal Vietnam lebih baik dalam akurasi tembakan, membuat peluang Rani meraih medali pupus.

Akan tetapi kegagalan Rani dinomor perorangan mampu ditutupi hasil sport rifle prone beregu. Tim menembak putri Indonesia yang terdiri dari Elly CH, Maharani Ardy, dan Rahma Saraswati berhasil menempati posisi kedua dan berhak meraih medali perak. Tim Indonesia hanya terpaut poin tipis dari tim menembak Thailand yang menjadi terbaik di nomor ini.

Pelatih kepala cabang menembak Indonesia Selvyana mengatakan, raihan medali emas dari cabang menembak ini merupakan yang pertama dalam 12 tahun terakhir atau enam kali penyelenggaraan SEA Games sebelumnya. Menurut mantan atlet menembak peraih medali emas SEA Games 19th Indonesia ini, momen ini diharapkan mampu menjadi titik balik kebangkitan cabang menembak Indonesia.

“Kita patut berbangga dengan raihan ini. Karena pada SEA Games kali ini merupakan gabungan antara atlet senior dan junior. Sehingga pada even olahraga internasional lainnya kita di cabang menembak sudah memiliki modal pada atlet junior kita,” ujarnya ditemui di Shooting Range National Stadium Complex kemarin.

Selanjutnya Selvyana meminta pembinaan olahraga menembak ke depan terus ditingkatkan. Ia berkeinginan sistem pembinaan sekarang yang sudah bagus dipertahankan.

“Antara KONI dan PB harus bersinergi mempertahankan pola pembinaan yang baik ini. Selain pembinaan ke dalam dengan memperbanyak latihan, sebaiknya juga diimbangi dengan try out dan mengikuti kejuaraan,” tuturnya.

Elly CH sendiri mengaku sangat senang bisa menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia. Menurutnya, di nomor sport rifle prone ini dirinya tidak menyangka bisa mengumpulkan poin terbanyak dan merebut medali emas.

“Dari awal kita main enjoy aja dan fokus ke pertandingan untuk meraih hasil terbaik. Nah hasil (medali) ini saya ibaratkan bonus karena bermain baik dan fokus,” ungkapnya dengan terus menebar senyum.

Sementara itu atlet menembak Indonesia asal Palembang, Sumatera Selatan, Maharani Ardy mengatakan, sebenarnya hasil lebih baik bisa diraih tim menembak putri Indonesia. Sebab poin yang dihasilkan tim Indonesia hanya selisih sedikit dengan tim Thailand.

“Sebenarnya sayang lewat kesempatan menjadi terbaik. Tapi inilah kenyataannya. Gak ada kendala yang berat sih waktu bertanding tadi. Tapi arsitektur gedungnya cukup menyulitkan saat kita membidik sasaran. Dinding yang memantulkan cahaya matahari dan tiang-tiang di bidang sasaran membuat gelap titik bidik dan itu cukup menyulitkan,” katanya.

Chef De Mission (CDM) Indonesia Alex Noerdin yang menyaksikan atlet menembak meraih emas pertamanya di SEA Games kali ini mengatakan, ia sangat gembira dengan hasil ini. Namun secara umum Alex menyatakan, dari beberapa cabang olahraga yang diikuti kontingen Indonesia ada yang melebihi target maupun meleset.

“Inilah namanya olahraga, ada saatnya menang dan kalah. Tinggal tergantung siapa yang paling siap. Hasil ini tentu diharapkan bisa menjadi penyemangat atlet di cabang menembak sendiri maupun atlet lainnya,” ujar Ketua Pengprov Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Sumatera Selatan ini. (Laporan Jon Morino langsung dari kota Vientiane, Laos)

  1. Perlahan tapi pasti peringkat kontingen Indonesia mulai meningkat. Hasil yang cukup menggembirakan, namun tetap harapan untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara harus terus diperjuangkan. Semoga para atlet pejuang yang berlaga di sana dapat menunjukan performa yang maksimal sehingga dapat memperoleh hasil yang baik.

    Teriring do’a dari seluruh rakyat Indonesia, untuk dapat menjadikan nama Indonesia harum di pentas Internasional. Selamat bertanding para putra terbaik bangsa!!!
    Cara Membuat Blog

    • Ari setiatmoko
    • Desember 22nd, 2009

    Selamat anda sudah sukses cabor menembak, tanpa kerja keras,pengorbanan, dan disiplin tinggi anda sulit untuk mencapainya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: