Kabar dari Laos : SEA Games Membawa Berkah Fotografer Amatir di Vientiane

VIANTIANE – Fotografer amatir ternyata tak hanya ada di Palembang seperti yang terlihat di Jembatan Ampera saja yang menjadi Landmark dan kebanggan masyarakat Palembang. Di Vientiane  para potografer dadakan ini banyak berada di Patuxay Park atau Taman Merdeka. Sekitar 20 orang berseliweran mengenakan rompi berwarna orange dan berlogo selular Unitel menawarkan jasa foto kepada para pengunjung yang datang. Berbekal satu unit kamera digital, plus printer mini merk Cannon berwarna putih mereka berkeliling Taman Merdeka.

Salah satunya Bon Xai, ia mengaku sudah menjadi potografer amatir sejak 3 tahun lalu. Hasilnya pun cukup lumayan dimana dalam sehari ia menghasilkan 200.000 kip, dengan harga satu kali jepret senilai 5.000 kip.

“Dalam satu hari saya berhasil memotret sekitar 40 orang. Lumayan untuk menopang kehidupan saya dan keluarga,” ujar pria berusia 55 tahun ini.

Ia mengaku angka tersebut terjadi selama digelar SEA Games ke 25 yang digelar pertama kali di negara Laos, ini meningkat dibandingkan dengan sebelum SEA Games digelar. Karena itu ia berharap ke depan kegiatan seperti ini bisa selalu digelar.

Namun, tak hanya fotografer amatir saja yang meraup untung. Para PKL pun mengalami hal serupa, seperti yang dialami para pedagang merchandise di dekat National Stadium.

“Minggu ini saya sengaja menggelar dagangan di sini, karena momennya sangat pas. Saya dan teman-teman saya, melihat ini kesempatan yang baik untuk menambah penghasilan,” tegas Sompattana Ponsena.

Penjualan katanya dari hari ke hari makin meningkat. Terutama saat sepak bola digelar saat melawan Indonesia yang berbuah kemenangan. T-Shirt, bendera dan aksesori lainnya yang dijual seharga 5.000 sampai 50.000 kip semakin laris.

“Sekarang atmosfir semakin meningkat, masyarakat bangga dengan kemenangan 2-0 atas Indonesia. Selain itu banyak juga yang meminta wajahnya di cat bendera Lao,” tukasnya. (Laporan Jon Morino langsung dari Vientiane, Laos)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: