Kabar dari Laos : Medali Emas Pertama Indonesia

VIENTIANE – Bonus Rp 200 juta disiapkan Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (Kemenegpora) bagi atlet peraih medali emas di SEA Games 25th Laos.

Senyum mengembang plus kepalan tangan meninju ke atas ditunjukkan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Alfian Mallarangeng saat dijumpai wartawan di pos masuk Dane Soung Distrik, sekitar 25 km dari Vientiane, tempat berlangsungnya salah satu nomor pertandingan cabang olahraga bersepeda di SEA Games 25th Laos.

“Hidup Indonesia!” teriak Andi ketika turun dari mobil yang membawanya dari venues bersepeda nomor down hill.

Dengan terus mengembangkan senyumnya, Andi bergantian disalami wartawan yang mengucapkan selamat atas keberhasilan atlet bersepeda di nomor down hill menyabet dua medali emas di hari pertama setelah pembukaan SEA Games 25th Laos.

Memang setelah resmi dibuka pada Rabu, 9 Desember 2009, ini adalah medali emas pertama yang disumbangkan atlet Indonesia di pesta olahraga bangsa-bangsa Asia Tenggara ke-25. Sebelumnya kontingen Indonesia hanya mampu mengumpulkan enam medali perunggu dari berbagai cabang yang telah dipertandingkan sebelum opening ceremony.

“Luar biasa sekali hari ini (kemarin) emas pertama Indonesia akhirnya datang juga dari balap sepeda down hill Risa Susianty. Berikutnya emas kedua pun disumbangkan oleh atlet down hill lagi yaitu Popo Aryo Sejati. Yang lebih membanggakan lagi yang meraih medali emas pertama itu adalah atlet perempuan kita yang membuktikan bahwa kaum perempuan di Indonesia juga memiliki kontribusi besar bagi bangsa dan negara,” tutur mantan juru bicara presiden RI ini.

Andi berharap apa yang telah diraih kedua atlet bersepeda ini memberikan semangat kepada seluruh atlet Indonesia yang masih akan bertanding hingga penutupan. Sehingga mereka bisa memberikan prestasi terbaiknya dan menyumbangkan medali emas bagi kontingen Indonesia.

“Suatu kebanggaan bagi saya yang didaulat mengalungkan medali ke atlet putra yang meraih juara. Selanjutnya mendengarkan lagu Indonesia Raya berkumandang dan bendera Merah Putih dinaikkan paling atas di negara orang sangat menggugah perasaan bangga dan haru,” ujarnya.

Bahkan sebagai wujud rasa bangga dan menghargai perjuangan para atlet peraih medali emas, Kemenegpora akan memberikan bonus sebesar Rp 200 juta.

“Oh iya tentu ada bonus, satu medali emas Rp 200 juta dari Kemenegpora. Semoga ini bisa menambah semangat atlet kita untuk memberikan yang terbaik bagi negaranya,” pungkas Andi seraya berganti mobil untuk kembali ke Vientiane guna mengunjungi atlet Indonesia lainnya yang tengah bertanding.

Risa dan Popo yang ditemui wartawan pun mengaku senang bisa memenuhi target raihan medali yang dibebankan kepada mereka. Bahkan keduanya secara kompak mendedikasikan medali yang mereka raih untuk semua masyarakat Indonesia yang telah mendukung dan mendoakan perjuangan para atlet di SEA Games 25th Laos ini.

“Medali ini untuk semuanya. Mudah-mudahan hasil ini bisa menjadi pembuka raihan medali emas teman-teman lainnya,” ujar Risa yang diamini Popo. (Laporan Jon Morino langsung dari Vientiane, Laos)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: