Kabar dari Laos : Upacara Pembukaan SEA Games ke 25 Dibuka

Vientiane –  Sejarah besar bakal segera  diukir oleh negara Laos (LDR), pasalnya hari ini (Rabu,9/12) negera yang berpenduduk sekitar 6 juta jiwa ini bakal resmi menjadi tuan rumah pesta olahraga negara-negara Asean atau SEA Games ke 25. Sekitar pukul 16:30 sore ini rangkaian acara seremonial pembukaan SEA Games ke 25 yang diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara akan dimulai. Main stadium atau yang terletak di kota Vientiane, Laos bakal menjadi saksi keberhasilan mereka menjadi tuan rumah SEA Games ke 25 yang baru pertama kali digelar di Laos.

Namun, sangat disayangkan. Pesta olah raga mendatangkan tamu mencapai 12 ribu terdiri dari atlit dan official dari 11 negara Asia Tenggara, gaungnya tidak begitu terlihat. Hingga di hari pelaksanaan digelarnya upacara pembukaan SEA Games tidak ada kemeriahan di sekitar kota Vientiane, Laos yang memiliki luas mencapai 236.000 km ini.

Dari pantauan Trijaya di sepanjang kota Vientiane ini sama seperti hari-hari sebelumnya, tidak ada kemeriahan disepanjang kota Vientiane, Laos. Padahal kesiapan negara Laos untuk penyelenggaraan SEA Games ini sudah dilakukan sejak 2 tahun yang lalu dengan membangun sejumlah fasilitas penunjang pelaksanaan pesta olah raga bangsa-bangsa se- Asia Tenggara ini. Fasilitas penunjang telah disiapakan oleh pemerintah mulai dari sarana gedung olahraga, seperti perkampungan atlet hinggga pembangunan hotel yang cukup refresentatif.

Dapat kami informasikan, beberapa fasilitas olah raga yang telah dibangun tersebut yakni perkampungan atlet yang mampu menampung sekitar 4000 atlet yang dibagi dalam 3800 kamar, bangunan ini dibangun tampak cukup megah di areal sekitar 4 hektar dan setiap bangunan terdiri atas 5 lantai. Dalam setian bangunan gedung di isi oleh sejumlah atlet dari negara berbeda. Atlet Indonesi satu gedung dengan atlet asal Myanmar. Hal lain yang menarik bagi para atlet di temapat yang disebut sebagai kampong atlit ini menyediakan restoran yang berukuran besar yang dibuka selama 24 jam. Selain itu panitia setempat menyediakan 20 dokter dan paramedis serta tempat hiburan yang bernuansa etnic Laos. (Laporan langsung Jon Morino dari kota Vientiane, Laos)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: