Kabar dari Laos : Internet Lancar Mudahkan Tugas

VIENTIEANE – Panitia penyelenggara SEA Games XXV Laos ternyata mengerti tugas para wartawan yang meliput pesta olahraga bangsa-bangsa di Asia Tenggara ini. Kecepatan pengiriman hasil liputan diimbangi dengan media centre yang menyediakan fasilitas internet berkecepatan tinggi.

Gedung International Cooperation & Training Center’s Building (ICTC), yang terletak di Kaysone Phomvihane Avenue, Ban Phonephanao, Saysettha District, Vientiane, Lao PDR, disulap menjadi tempat berkumpulnya para wartawan yang meliput SEA Games yang baru pertama kali digelar di Laos ini. Sebanyak 30 komputer dengan spesifikasi canggih dan dilengkapi fasilitas internet gratis disediakan disini. Kondisi ini membuat ratusan wartawan yang berkumpul setiap harinya di gedung ini betah berlama-lama menikmati akses internet berkecepatan 100 Mbps.

Tidak hanya itu, bagi yang tidak kebagian kursi masih bisa memanfaatkan fasilitas wi-fi tapi untuk fasilitas ini tidak gratis. Wartawan yang ingin menggunakan fasilitas wi-fi harus membeli voucher internet dari provider telepon seluler lokal senilai 50.000 kip. Voucher tersebut bisa digunakan selama enam jam dari masa pengaktifan.

Selain menyediakan ruang pengetikan dan internet, Media Center juga dilengkapi dengan ruang medical center, information center, press conference, dan ruang nonton bersama. Bukan hanya satu, tapi panitia menyediakan hingga enam monitor berukuran 21” dan monitor utama berukuran 29” yang tersebar di beberapa ruangan.

David Law, seorang wartawan dari Singapura mengatakan, ia cukup puas dengan pelayanan dan fasilitas yang disediakan panitia pelaksana. Menurutnya, akses internet cepat memang sangat dibutuhkan oleh para wartawan ketika melaporkan hasil liputan ke kantor di negara masing-masing.

“Saya rasa sudah bagus, tapi jumlah komputer yang hanya sekitar 30 unit masih membuat adanya antrean. Sebab kalau menggunakan wi-fi harus membayar yang bagi kita cukup mahal,” ujarnya.

Senada diungkapkan Nung wartawan asal Thailand. Menurutnya, hingga jelang pembukaan besok, kinerja panitia pelaksana yang menangani teknologi cukup memuaskan.

“Fasilitas internet di Laos sudah baik. Tapi lebih baik lagi jika didukung dengan banyaknya jaringan telepon seluler. Sebab tidak setiap saat wartawan bisa singgah ke Media Center. Sehingga kalau jaringan seluler berjalan baik, akses data internet bisa dilakukan dimana saja termasuk di venue pertandingan,” tuturnya. (Jon Morino melaporkan dari Vientiane, Laos)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: