Ayo Jangan Telat Lapor SPT

PALEMBANG – Time Flies. Itu yang saya rasakan, tiba-tiba saja, talkshow bersama Direktorat Jendral Pajak Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung mencapai episode terakhirnya di tahun ini. Rabu (2/12) kemarin, hadir di studio Heru Sumanto dan Syafrianto, yang menjadi narasumber bincang-bincang tersebut, entah kenapa, 60 menit, terasa benar singkatnya. Padahal, (harus saya akui) bahwa menjadi host dalam talkshow sejenis ini, bukan hal yang ringan tentu saja.

Kali itu, talkshow pajak berputar mengenai SPT atau surat pemberitahuan yang harus disampaikan oleh wajib pajak mengenai harta kekayaan miliknya, maupun milik suatu badan. Untuk tahun ini, penyampaian SPT/Surat Pemberitahuan untuk wajib pajak orang pribadi akan jatuh tempo pada Akhir bulan Maret 2010, sementara untuk wajib pajak badan disampaikan selambat-lambatnya pada akhir April 2010.

Jika lewat dari situ? “Akan dikenakan denda,” ujar Heru. Denda yang dikenakan bagi wajib pajak pribadi dan badan tentu tidak sama. Tetapi ada juga yang menyamakan yakni terdapat dua denda. yaitu masing-masing denda keterlambatan membayar pajak, pemerintah akan memungut bunga keterlambatan 2% atas pajak terutang. “Sebetulnya tidak perlu memikirkan denda kalau melaporkannya tepat,” imbau Syafrianto.

Penyampaian SPT ini sederhana koq’. terdapat tiga jenis form SPT yakni 1770, 1700 S dan 1770 SS. S di situ stands for ‘Sederhana’, jadi kalau S nya satu berarti sederhana, kalau S nya dua berarti sangat sederhana. Pembagian form ini untuk memudahkan para pelapor SPT untuk mengklasifikasikan diri mereka masing-masing sesuai dengan kriteria penghasilan yang dimiliki. Kalaupun misalnya Anda masih bingung tentang ini, gampang aja, tinggal kring pajak di 500200. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: