PALEMBANG JAZZ FESTIVAL 2009 “WHEN JAZZ IS A PART OF HUMAN BEING”


Sebagian dari kita bisa jadi menganggap bahwa jazz adalah aliran musik yang sulit dipahami sehingga sulit pula untuk diminati. Ritme yang tidak konstan, cenderung berubah dan memang tidak mudah ditebak adalah komposisi yang ada dalam jazz. Sulit untuk menolak fakta terebut, karena jazz memang begitulah adanya. Jazz adalah musik improvisasi. Jazz mengandung banyak sekali ekspresi. Ekspresi adalah sifat manusia yang hampir niscaya. Sedih, gembira, suka atau bahkan merasa hampa adalah bentuk-bentuk ekspresi tersebut, hal yang tak bisa dilepaskan dari manusia. Untuk itulah, kali ini, Palembang jazz community mengusung tema ‘JAZZ IS A PART OF HUMAN BEING’.

Palembang jazz community dan Radio Trijaya 87.6 FM secara berkesinambungan akan konsisten memperkenalkan jazz di Palembang. “Musik ini memiliki filosofi yang sangat baik untuk para musisi di Palembang untuk berekspresi. Seperti awal lahirnya jazz yang merupakan sikap ingin lepas dari penjajahan, jazz memberikan keleluasaan bagi para musisi untuk memanifestasikan emosi ke dalam suara-suara yang indah,” Ujar Adji Soebiantoro, Operational Manager Radio Trijaya 87.6 FM. Seperti sebelumnya juga, Palembang jazz festival kali ini tetap diadakan di Palembang Indah Mall (PIM), hal ini karena Palembang Indah Mall memiliki visi sama, yakni memberikan ruang yang luas bagi perkembangan musik jazz di Palembang. Marketing and Promotion PIM, Aki Redo mengatakan, ”Jazz merupakan musik yang pas untuk PIM, pengunjung PIM adalah kalangan yang mengerti bahwa musik harusnya menjadi ekspresi yang membebaskan.”

Dipilihanya mall sebagai tempat diadakannya acara ini juga bertujuan agar semua masyarakat dapat menyaksikan pagelaran ini secara gratis. ”Menghilangkan kesan bahwa jazz itu hanya untuk kalangan tertentu sehingga acara Palembang Jazz Festival, kerap diadakan di mall,” ujar Ketua Palembang Jazz Community, Zaenal Hanani. Sementara itu, pihak-pihak yang sebelumnya selalu menjadi pendukung acara Palembang Jazz Community yang sudah diadakan sebanyak lima kali, tetap memberikan dukungan terbaiknya, yakni Wartajazz.com dan Jazzuality.com.

’JAZZ IS A PART OF HUMAN BEING’ ini tentunya juga akan terus melakukan perbaikan dalam pagelarannya sehingga dapat menjadi sebuah pertunjukan alternatif yang memberikan manfaat. Adji mengatakan ”Setelah Trijaya 87.6 FM bersama para sponsor lain menghadirkan Beben, Harry Toledo, Balawan dan Nita Artsen, kami tentu belajar banyak dari pertunjukan sebelumnya, bagian mana yang harus dikurangi atau bagian mana yang harus ditingkatkan, semuanya dilakukan agar kami selalu dapat menghadirkan pertunjukkan yang saat orang balik ke rumah, meninggalkan kesan yang enak.”

PALEMBANG JAZZ FESTIVAL 2009, Selasa 1 Desember 2009 di Atrium PIM akan dimulai pada pukul 16.00 WIB hingga selesai. Konsep perpaduan Music Clinic dan Live Performance dari band dan musisi di Palembang seperti New Orleans, Erchink, Pure Acoustic, Jazzier, Blue Drive, Ayu and Father dll akan mengawali acara ini sebelum OTTI JAMALUS and YANCE MANUSAMA QUARTET akan memberikan suguhan terbaiknya di puncak acara untuk para pecinta jazz di Palembang. ”Otti and Yance bersama quartetnya sendiri yang akan langsung memberikan music clinic nya, seperti festival jazz yang kami adakan, bintang tamu akan membocorkan tips manggungnya dan kasih coaching, gimana main musik yang pas dan enak,” ujar Adji.

PALEMBANG JAZZ FESTIVAL 2009 ini diharapkan akan menjadi embrio diselenggarakannya Palembang Jazz festival tahun depan dengan meningkatkan skalanya dari berbagai segi, untuk itu, Palembang jazz community akan menggandeng Universitas Sriwijaya dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam melahirkan sebuah festival yang sebetulnya sudah sangat menjamur di Pulau Jawa.

Palembang Jazz festival 2009 terbuka untuk siapa saja, begitu pula music klinik yang akan langsung diberikan oleh bintang tamu, Otti Jamalus & Yance Manusama beserta Quartetnya dari Jakarta, terbuka untuk umum secara gratis. Selain itu, festival ini juga memberikan kesempatan bagi band dan musisi di Palembang untuk unjuk kebolehan.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

Lili Zarni – Account Executive Radio Trijaya 87.6 FM
HP/Email : 0815 620 37 68 lili.zarni@yahoo.com

Vira – Corporate Communication Radio Trijaya 87.6 FM
HP/Email : 0812 732 57 68 vira_trijayafm@yahoo.com

  1. boleh, boleh, boleh . . .

  2. rasanya baru kemaren PJF sebelumnya sukses dengan Nita Aartsen Quarto..

    Salut buat Palembang Jazz Community dan Trijaya FM !

    Ga sabar nungguin PJF akbar tahun depan !

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: