Kisruh UN Bisa Sebabkan Siswa Down

PALEMBANG – Keputusan Depdiknas untuk melakukan Peninjauan Kembali (PK) terhadap putusan Mahkamah Agung yang memutuskan meniadakan Ujian Nasional (UN), dapat menyebabkan murid down. Hal itu karena simpang siurnya masalah UN saat ini.

Ketua Komisi V DPRD Sumsel Bihaqqi Soefyan yang ditemui mengemukakan, boleh jadi UN saat ini menjadi momok yang luar biasa. Itu menyebabkan siswa yang bakal melalui ujian menjadi takut. “Ketika ketakutan muncul akan menyebabkan murid down. Bahkan yang pintar sekalipun bisa down mentalnya,” ujar Bihaqqi, Senin (30/11).

Menurutnya harus ada keputusan yang cepat dan tegas apakah UN tetap diselenggarakan untuk tahun ajaran ini atau tidak. Dengan demikian para pelajar tidak dibuat bingung oleh informasi yang simpang siur. “Disatu sisi muncul ketakutan terhadap UN dengan standarisasi kelulusan yang tinggi. Sementara disisi lain ada keputusan MA yang harus diikuti,” katanya.

Disisi lain Bihaqqi secara pribadi sependapat bila UN dihapuskan. Alasannya kualitas siswa disatu daerah dengan daerah lain berbeda. Dengan demikian tidak mungkin materi ujian diseragamkan begitu saja.
Dikemukakan bahwa sebelum UN belum dilaksanakan, Komisi V akan memanggil Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel. Komisi V akan melihat sejauh mana persiapan di Provinsi Sumsel. (Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: