Menghindari Demam Berdarah

PALEMBANG – Demam berdarah adalah topik yang sudah entah berapa kali saya bawakan di Healthy Center, saat zamannya masih bersama Dokter Matdani -yang sekarang pindah ke Pemprov-, sampai sekarang content sebetulnya sama saja. Tapi, hidup ini memang pengulangan-pengulangan, bukan?

Takutnya kalau tidak diulangi, masyarakat malah lupa ya, bahwa sebetulnya penangan demam berdarah itu sangat simpel. hanya dengan menutup, menguras dan mengubur alias 3M, maka penyakit satu ini dapat dicegah. M Idris, staff dari bidang penanggulangan penyakit menular Dinas Kesehatan Kota Palembang mengungkapkan bahwa sebaiknya masyarakat melakukan 3M seperi yang disebutkan di atas daripada mengimplementasikan fogging.

“Fogging itu bisa dilakukan, tapi kan yang mati cuma nyamuk dewasa, sementara nyamuk yang masih jentik-jentik nggak mati,” ujar Idris. nah, si jentik-jentik yang bikin panik ini, sebaiknya diberantas dengan ikan Tempalo. karena ikan ini adalah pemangsa para jentik. Selain itu, sebaiknya kita juga secara gradual menguras bak penampungan air.

Ya, berhati-hatilah dengan para nyamuk yang merupakan vektor dari DBD. memang nggak sembarang nyamuk, nyamuk yang menjadi pembawa bencana ini adalah jenis tertentu yang banyak pada pagi dan sore hari. Selain itu, warna tubuh nya juga belang-belang. Sekali gigit, kita bisa DBD, hanya jika, hanya jika kita tidak menjaga stamina tubuh dengan baik.

jadi, selain lingkungan harus bersih, tubuh juga mesti kita jaga agar selalu fit setiap saat, sehingga terbebas dari DBD. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: