Penasihat KPK, Abdullah Hehamahua di Trijaya

PALEMBANG – “KPK itu bukan tebang pilih, tapi tebang matang”. Kalimat ini yang paling segar di kepala saya. Talkshow kemarin bersama penasihat KPK, Bapak Abdullah hehamahua, membuat saya semakin yakin bahwa masih banyak orang baik di Indonesia. Beliau Tiba di palembang hari itu juga(18/11), setelah berkunjung ke media cetak, perjalanannya yang hanya dua hari dilanjutkan ke Trijaya FM.

Apakah kehadiran Bapak untuk meluruskan simpang siur pemberitaan mengenai KPK yang ada di media? Tidak, ia menjawab. Kehadirannya di palembang yaitu untuk memenuhi tugasnya di KPK yakni melakukan program kehumasan di badan yang terbentuk karena dianggap bahwa lembaga hukum sebelumnya yang sudah ada di Indonesia dianggap tidak mampu memperbaiki keadaan Indonesia.

Bagaimana anda melihat korupsi yang ada di Indonesia? Ia menjawab dengan analogi. Jika di di negara-negara Skandinavia sana, orang nangkap ikan itu harus dengan jala, ikannya pun hanya dapat yang kecil-kecil. tapi kalau di Indonesia, korupsi itu meraja lela, tutup mata, masukin tangan ke laut, dapat ikan besar. Seperti itulah kira-kira jumlah koruptor di Indonesia.

Bagaimana jika di Indonesia tidak ada KPK ? entah bagaimana jadinya. Diperkirakan jika KPK berjalan dengan baik dan lancar, maka dalam waktu 15 tahun lagi, Indonesia dapat menjalankan sistem yang bersih. Pemberantasan korupsi tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Tidak hanya melakukan penindakan terhadap pelaku tindak pidana korupsi, tetapi juga melakukan upaya-upaya pencegahan. Di Indonesia, korupsi sudah menjadi sistem, mulai dari tingkat paling rendah, hingga yang tertinggi.

Apakah KPK menyadap semua orang? Bapak Abdullah menjawabnya dengan tertawa. “Ya nggak lah,” ujarnya. Penyadapan yang dilakukan oleh KPK itu berdasarkan Undang-undang, selain itu yang diberikan kepada penyidik dan diperdengarkan di mahkamah konstitusi itu hanyalah percakapan yang memiliki kaitan dengan kasus yang sedang diselidiki. karena KPK memiliki kode etik untuk tidak boleh mempublikasikan percakapan yang di luar kasus yang sedang diselidiki.(vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: