Jamkesmas isu penting Muktamar IDI

PALEMBANG – Jaminan kesehatan Masyarakat nasional (Jamkesmas) semesta yang berbasis sistem jaminan sosial nasionak dalam bentuk prinsip-prinsip ansuransi kesehatan menjadi isu penting dalam Mukhtamar IDI ke 27 di Kota Palembang yang akan dibuka besok.

Ketua Umum IDI Fahmi Idris dalam konferensi pers menjelang Mukhtamar mengatakan penduduk Indonesia yang belum terjamin kesehatannya mencapai 130 juta orang dari penduduk sekitar 250 juta. Sementara yang terlayani atau terjamin kesehatannya melalui program jamkesmas, askes pns dan jamsostek mencapai 110 juta orang. Yang belum terjamin menurutnya adalah kelompok informal yang pada dasarnya tidak kuat jika menghadapi persoalan kesehatan.

Hal ini lah yang akan diajukan ke pemerintah untuk dijamin kesehatannya sehingga seluruh masyarakat terlayani kesehatannya.

Sistem jaminan sosial nasional bidang kesehatan diharapkan dapat memberikan solusi bagi kesehatan di Indonesia. Namun demikian menurut Fahmi Idris, yang perlu mendapatkan perhatian dalam pembahasan adalah soal kualitas dalam sistem ini terutama terkait pembiayaan yang kolerasinya dengan pelayanan kesehatan yang ideal.

Sistem Pelayanan kedokteran terpadu akan menjadi pembahasan khusus untuk sistem jaminas sosial kesehatan ini mulai rujukan dan pelayanan.

Direncanakan untuk membahas hal ini Gubernur Sumsel Alex Noerdin akan menjadi fanelis guna membahas pengalaman mengelola jaminan kesehatan yang telah diterapkan di Sumsel. (Fatur)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: