Bukan Optik Abal-abal

PALEMBANG (13/11) – Ternyata toko kaca mata dan optik itu berbeda! jangan pikir keduanya sama ya hanya karena dua-duanya menjual kaca mata. Perbedaanya dimana? Yakni pada izin yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan. “Optik harus ada izin dari dinas kesehatan, selain izin ada banyak ketentuan lain yang harus dimiliki sebagai syarat-syarat berdirinya suatu optik,” ujar M Yamin, staff sarana dan prasarana Dinas Kesehatan Kota Palembang.

Apalagi syaratnya? yaitu sebuah otpik harus mempunyai RO (Refraksionis Optician) *sampai-sampai ada yang sms ke Trijaya saat Healthy Center berlangsung, menanyakan apa singkatan dari RO*. Seorang RO harus selalu stand by di optik. RO inilah yang nantinya akan melakukan pengujian medis terhadap mata seseorang.

masalahnya adalah, saat ini ada beberapa toko kaca mata yang tidak mengantungi izin dari dinas kesehatan, namun mereka menjalankan proses pemeriksaan, misalnya menggunakan komputer. Hal ini ternyata melanggar ketentuan yang ada. “yang boleh memeriksa hanyalah seorang RO,” himbau Yamin.

bagaimana dengan banyaknya toko kacamata yang menjual kacamata baca, apalagi di palembang ini, banyak ditemukan lapak-lapak yang menjual kacamata baca dengan (si penjual ngakusnya sih) sudah ada ukuran plus minusnya segala di kacamata tersebut. “Ya nggak boleh itu, sebetulnya, kenapa tidak boleh, harus ada izin resmi dan sebagainya, hal itu dilakukan hanyalah agar masyarakat dapat terlindungi dengan baik. Semua peraturan itu dibuat untuk masyarakat koq,” ujar M Yamin.

Jadi profesional muda, mulai sekarang kalau anda merasa bahwa kemampuan membaca sudah mulai trun sehingga memerlukan kacamata, maka anda harus teliti, pilihlah optik yang sudah ada izinnya, juga selalu minta agar anda dilayani oleh seorang RO yang bukan RO abal-abal *pernah ditemukan kasus, RO yang tidak menggunakan ijazah asli*. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: