Lumpuh Layu

PALEMBANG – Suspect Lumpuh layu di Palembang ada 16 orang! itu bukan kata saya lho, tapi Elina H, Skm. M.Si, Kasi Surveylen Dinas Kesehatan Kota Palembang.
Apakah Lumpuh Layu itu? Definisi singkatnya yaitu : lemas!. Ya lemas, jika anda menemukan anak di bawah usia 15 tahun yang lemas, maka anak tersebut kemungkinan lumpuh layu.

Tapi Lumpuh Layu ini bukan Polio, namun bisa jadi Polio. Bisa jadi, karena kalau tidak diobati maka penyakit lumpuh layu ini bisa meningkat ke taraf yang lebih tinggi, yakni polio tadi ataupun menyebabkan kematian. Untuk menguji apakah seorang anak yang lumpuh layu mengidap polio atau tidak, harus diperiksa tinjanya di laboratorium.

Ini virus menular lho. penularannya ya melalui tinja. Untuk itu, disarankan oleh Elina, agar sebuah rumah tangga hendaknya menerapkan PHBS atau perilaku hidup bersih sehat. Misalnya dengan memiliki jamban yang benar dan baik, serta selalu mencuci tangan.

Partisipasi dari masyarakat juga sangat diperlukan, karena tentunya maalah kesehatan bukan hanya tanggung jawab dari Dinas Kesehatan saja, tetapi juga tanggung jawab masyarakatnya. nah, jika anda melihat ada anak dengan ciri-ciri lemas ini, tidak bisa berdiri, pokoknya bawaanya lesu, segera laporkan ke Puskesmas terdekat agar dapat ditindaklanjuti.

“Jika memang setelah diperiksa seorang anak menderita lumpuh layu, lalu positif polio, maka bisa jadi se Sumatera Selatan ini akan diadakan vaksinasi,” ujar Elina. Nah, mungkin anda akrab dengan istilah PIN atau pekan imunisasi nasional, PIN ini biasanya dilakukan jika ditemukannya virus polio di satu daerah tertentu, meskipun hanya satu, tapi bisa jadi se indonesia raya ini juga akan divaksin, yang divaksin anak-anak di bawah usia 15 tahun tentu saja.

jadilah warga yang alerta, okay! (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: