Pembetulan dan Permohonan Pajak

PALEMBANG – Kali ini saya akan menulis serius nih, karena akan menulis tentang pajak. Talkshow kemarin malam juga terasa sangat ‘dingin’ saya sempat beberapa kali mencandai dua narasumber saya, tapi mereka cuma ketawa-ketawa aja, setelahnya diam lagi, mungkin bawaan pekerjaan kali ya, terbiasa melakukan pemeriksaan pajak, jadinya serius gitu.

Pajak (4/11) membahas tema pembetulan, keberata, pengurangan atau penghapusan sanksi administrasi dan pengurangan atau pembatalan. dari sudut pandang wajib pajak, respon/tanggapan wajib pajak atas ketidaksesuaian terhadap produk hukum (STP,SKP,SPPT,STB<SK) yang diterbitkan atas namanya bisa bersifat pasif dengan cara tidak melakukan pelunasan, atau bersifat aktiv dengan melakukan permohonan untuk merubah produk hukum dimaksud melalui upaya hukum yang tersedia.

Dalam praktek sering terjadi dalam surat permohonan yang dibuat wajib pajak untuk menyatakan ketidaksetujuannya atas semua jenis produk hukum tersebut ditulis/dinyatakan sebagai permohonan keberatan, tetapi dalam administrasi perpajakan permohonan wajib pajak tersebut diklasifikasi ke dalam beberapa jenis permohonan yang didasarkan pada jenis produk hukum.

Apa saja sih, produk hukum yang dapat diajukan permohonan? ada banyak, jumlahnya ada 13 !.nah, jika profesional muda akan mengajukan permohonan pembetulan, maka yang harus disampaikan ke kantor DJP yang menerbitkan ketetapan yang diajukan permohonan dengan ketenuan yaitu satu permohonan untuk satu ketetapan pajak, diajukan secara tertulis, serta surat permohonan ditandatangai oleh wajib pajak.

nah, kalau misalnya anda ingin tahu lebih mendetail tentang permasalahan ini, silahkan anda akses di http://www.pajak.go.id….Dua narasumber malam itu, yaitu Yongki dan hari, dari DJP menghimbau agar proffesional muda dapat datang langsung ke kantor wilayah DJP Sum-sel dan Kep. Babep yang tempatnya dekat dengan Kantor Trijaya, yakni di depan kambang Iwak. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: