Calon Independen Minimal Didukung 5 Persen Jumlah Penduduk

PALEMBANG – Pemilukada di lima kabupaten di Provinsi Sumsel tahun 2010 mendatang diharapkan diramaikan calon independen (calon perseorangan). Untuk maju sebagai calon independen maka seorang calon harus didukung minimal 5 persen dari jumlah penduduk diwilayah yang menggelar Pemilukada.

Anggota KPU Provinsi Sumsel Ong Berlian mengatakan, lima persen dukungan itu berdasarkan jumlah penduduk yang dibuktikan melalui salinan kartu tanda penduduk. Bukan jumlah pemilih yang mengikuti pemilukada. Hal tersebut telah diatur dalam UU.

“Namun sejauh ini belum ada kepastian apakah diantara lima pemilukada itu ada calon independennya. Memang ada yang sudah menanyakan informasi syarat-syarat sebagai calon kepala daerah dari perseorangan. Mereka umumnya dalam tahapan penjajakan,” ujar Ong.

Dijelaskan bila pemilukada diikuti oleh calon independen, maka tahapan diperkirakan akan lebih cepat atau maju dilaksanakan. Hal itu karena untuk calon independen memerlukan waktu verifikasi oleh penyelenggara Pemilukada terhadap dukungan terhadap calon.

Sejauh ini menurut Ong, belum ada kepastian calon independen meramaikan bursa kepala daerah di Ogan Ilir, OKU, OKU Timur, OKU Selatan dan Musirawas. (Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: