Warga Jakabaring Protes Tanahnya Dihargai Rp 20.000

PALEMBANG – Sebanyak 130 Kepala Keluarga (KK) pemilik lahan di Jakabaring yang terkena proyek pengembangan kota Seberang Ulu (SU) menolak harga yang ditetapkan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) senilai Rp 20.000/meter. Warga minta nilai itu ditinjau ulang karena setiap tahun Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang dibayar warga melalui PBB tahunan senilai Rp 48.000 per meter.

Rapat ganti rugi lahan Jakabaring dipimpin Asisten I Setdaprov Sumsel H Mukti Sulaiman, Rabu (28/10). Hanya saja, warga tetap menuntut agar pemerintah melakukan pembayaran ganti rugi sesuai harga pasaran yang rata-rata Rp 100.000 per meter bukan harga berdasarkan nilai jual objek pajak yang ditetapkan KPP Seberang Ulu. Seperti dikatakan Setioko, warga Plaju Darat pemilik persil 57. Menurutnya, jika memerintah membeli tanah rakyat senilai Rp 20.000 maka sangat melukai rakyat sebagai pemilik tanah.

Kepada wartawan Mukti Sulaiman mengatakan, pemerintah membutuhkan lahan 78 Hektare untuk dijadikan lapangan golf, busat bisnis, rekreasi dan perkantoran. Dari luas tanah itu terdapat 14 bangunan yang sudah berdiri dengan 309 persil. Pemerintah saat pembebasan lahan Jakabaring untuk PON lalu telah menbayar ganti rugi 14 persil.

Menyinggung soal harga jual yang ditetapkan KPP, Mukti mengatakan,kalau tanah tersebut tidak pernah bayar pajak sehingga tanah di Jakabaring dihargai Rp 20.000. Sayangnya data ini dimentahkan oleh warga dengan menyodorkan bukti bayar PBB yang sudah dilunasi warga 2009 yakni senilai Rp 48.000. “Kita akan evaluasi adanya perbedaan nilai jual objek pajak ini,” kata Sulaiman.(Sripo/Fatur)

    • sukron
    • Desember 17th, 2009

    Asisten 1 kok ngomong ga pake data piye itu…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: