PTPN Bantah serobot Tanah warga

PALEMBANG – PTPN VII bersikukuh enggan bermusyawarah dengan para petani dalam penyelesaian kasus tanah di Desa Sidomulyo Kabupaten Banyuasin.

Dalam mediasi hari ini dkantor Gubernur Sumatera Selatan, perwakilan PTPN, Kamirul zaman mengatakan, pihaknya sudah melakukan prosedur yang benar dalam memperoleh Hak Guna Usaha, termasuk tanah di desa Sidomulyo. Menurutnya, PTPN juga telah memberikan ganti rugi yang disasikan oleh aparat setempat. Sementara menanggapai tuntutan petani soal pengembalian tanah, menurut Kamirul zaman, pihaknya siap menyelesaikan dalam jalur hukum.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Eddy Yusuf meminta agar persoalan ini diselsaikan secara baik dengan bukti hitam diats putih. Namun sejauh ini, para petani sendiri menolak membawa kasus ini ke jalur hukum.

Sebelumnya, para petani sendiri telah melakukan berbagai aksi unjukrasa di beberapa tempat menuntut pengembalian tanah milik mereka. Para petani sendiri berasal dari dua desa yang menilai tanahnya diserobot dua perusahaan yaitu Desa Sinar Harapan, kabupaten Musi Banyuasin, lahan seluas 73 hektare yang dilakukan oleh PT. Berkat Sawit Sejati (BSS), dan lahan seluas 387 hektare di Desa Sido Mulyo, kabupaten Banyuasin, yang diserobot PT Perkebunan Nusantara VII seluas 387 ha. (Fatur/Fir)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: