Warga dua desa demo kembali berunjukrasa di DPRD Sumsel

PALEMBANG – Setelah kemarin berdemo di kantor Gubernur Sumsel, hari ini warga dari dua desa di Muba dan Banyuasin berunjuk rasa di DPRD Sumsel. Mereka meminta agar Legislatif turun tangan mengatasi masalah penyerobotan tanah oleh perusahaan perkebunan setempat.

Warga yang berdemo tersebut berasal dari Desa Sidomulyo Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin serta Desa Sinar Harapan Kecamatan Bayunglincir Kabupaten Muba. Mereka langsung diterima pimpinan dewan dan anggota dewan yang mewakili fraksi-fraksi di DPRD Sumsel.
Dalam aksinya kali ini, warga masyarakat melakukan aksi baca Surah Yasin secara berjemaah.Ada juga yang menangis menyatkan kesedihan terhadap nasib mereka yang tanahnya dirampas.

Sementara itu / DPRD Sumsel berjanji akan membantu menyelesaikan masalah sengketa lahan dua desa dengan perusahaan perkebunan. Bila perlu selama belum ada penyelesaian maka status quo atas tanah yang disengketakan tersebut diberlakukan. Artinya masyarakat tidak boleh menggarap lahan yang disengketakan.

Demikian pula perusahaan juga diminta tidak menggarap lahan yang masih bermasalah. Menurut Ketua DPRD Sumsel Wasista Bambang Utoyo atau Toni yang menemui warga dari Desa Sidomulyo Kabupaten Banyuasin dan Desa Sinar Harapan Kabupaten Muba, saat ini dewan

Toni mengaku mengikuti masalah di Sidomulyo Kecamatan Tungkal Ilir. Itu terkait ia ikut dalam proses peralihan lahan untuk transmigrasi. Namun perusahaan perkebunan tidak mau mengakui tanah tersebut sebagai tanah transmigran. Masalah sengketa lahan tersebut menurut Toni sudah sampai dititik akhir. Penyelesaiannya masalah tanah sudah sampai ke Jakarta dan tinggal menunggu hasil.(Fatur/Sripo)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: