Petani Muba dan Banyuasin tuntut pengembalian tanah mereka

PALEMBANG – Ratusan petani dari 2 Kabupaten yaitu Muba dan Banyuasin melakukan aksi di Halaman kantor gubernur sumsel yang ada di jalan veteran menuntut pengembalian tanah petani yang di serobot oleh Perusahaan Perkebunan sawit.

Lahan tersebut ada di Sinar Harapan Muba yang diserobot oleh PT. Berkat Sawit Sejati (BSS) seluas 73 hektar. Sementara di desa sidomulyo tungkal ilir banyuasin seluas 387 hektar di serobot oleh PTPN VII. Padahal peserta aksi menyebutkan lahan tersebut telah memiliki sertifikat seluas 132 H dan surat keterangan tanah seluas 255 H.

Para petani yang dikomandoi oleh Yulius Usman menuntut kepada pemerintah provinsi untuk mengembalikan tanah yang diserobot oleh perusahaan perkebunan. Para aksi juga menjelaskan lahan yang diserobot terdapat tanaman karet namun digusur oleh perusahaan dengan dalih memiliki Hak Guna Pakai.

Para pendemo mengancam Jika tidak dikabulkan tuntutan petani, maka para petani ini akan menginap dikantor gubernur. Perbekalan menginap mulai makanan, tenda serta lainnya telah dipersiapkan. Para pendemo ini minimal akan menginap selama 1 minggu jika diperlukan. Koordinasi dengan daerah juga diintensifkan untuk menyuplai makanan kepada para pendemo. (Fatur)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: