Jujurlah Pada Siapa Saja

PALEMBANG- Jujurlah kepada apa saja meski itu menyakitkan, ujar Ustad Mugiono Abu Hafifah, dalam acara Mutiara Sore, Rabu (14/10). “kejujuran merupakan perkara yang berkaitan dengan banyak masalah keislaman, baik itu akidah, akhlak ataupun muamalah, orang yang kuat imannya adalah orang yang santiasa berkata jujur”.

Lalu Ustad, adakah jujur untuk kebaikan? Ustad Mugi menjelaskan dengan sebuah cerita, “Ada seorang yang dikejar-kejar orang lain, ia ingin dihajar atas perbuatan yang tidak ia lakukan, lalu orang yang dikejar tersebut bersembunyi, kita mengetahui keberadaanya namun mengatakn bahwa kita tidak tau mengenai keberadaan orang tersebut kepada yang mengejar, ini diperbolehkan, karena kita berniat menyelamatkan,” tutur Ustad.

Tapi hendaknya kita haus berhati-hati bersikap, tak boleh ada yang dipelintir dalam mlakukan kebohongan. Hati kita sebetulnya suda dapat membedakan mana yang benar mana yang salah, maka dengarkanlah hati itu dalam setiap berkata-kata dan bertindak.

Jujur merupakan sifat yang terpuji. Allah menyanjung orang-orang yang mempunyai sifat jujur dan menjanjikan balasan yang berlimpah untuk mereka. Termasuk dalam jujur adalah jujur kepada Allah, jujur dengan sesama dan jujur kepada diri sendiri. “jangan sampai jadi bodoh karena kita tidak jujur, misalnya, kalau ada orang, kita mau ber ibadah, tapi kalau nggak ada orang nggak mau beribahad, itu namanya tidak jujur”. (vira)

    • medhavi
    • Januari 7th, 2010

    Apa yang menurut kita jujur demi kebaikan belum tentu menurut orang lain itu juga adalah kejujuran demi kebaikan…sesungguhnya ga ada white lie di dunia ini..white lie hanyalah bikinan manusia aja…karena kebohongan tetep aja adalah sebuah kebohongan dan bukan kejujuran…jadi tetap jujurlah pada siapa saja dalam arti yang sesungguhnya…
    God Bless…

    • medhavi
    • Januari 7th, 2010

    Apa yang menurut kita berbohong demi kebaikan belum tentu menurut orang lain itu juga adalah kebaikan…sesungguhnya ga ada white lie di dunia ini..white lie hanyalah bikinan manusia aja…karena kebohongan tetep aja adalah sebuah kebohongan dan bukan kejujuran…jadi tetap jujurlah pada siapa saja dalam arti yang sesungguhnya…
    God Bless…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: