Rebutan 3.000 Kursi CPNS

PALEMBANG — Hari ini, Kamis (15/10) secara serentak media massa lokal akan memuat penerimaan formasi CPNS 2009 di 15 kabupaten/kota dan Pemprov Sumsel. Sedikitnya ada 3.000 kursi yang akan diperebutkan ratusan ribu pelamar yang sudah menunggu sejak empat bulan lalu.

Semula penerimaan dilakukan 15 September lalu tetapi ditunda dengan alasan belum ada rekomendasi dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Men-PAN).

Untuk penerimaan CPNS di lingkungan Pemprov Sumsel sebanyak 268 formasi. Dari jumlah ini, 124 pelamar umum dan 144 diperuntukkan untuk tenaga honorer yang masuk database.

Sementara di lingkungan BKD Sumsel hingga kemarin, Rabu (13/10) belum ada pengumuman resmi terkait dengan rencana penerimaan CPNS.

Bupati Empat Lawang H Budiantoni Aljufri melalui ponselnya membenarkan penerimaan CPNS di daerahnya mulai 15 Oktober yang diumumkan secara terbuka melalui media massa.

“Pada lima belas Oktober, kita resmi mengumumkan di Empatlawang ada penerimaan CPNS,” katanya.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel Drs Muzakir yang dihubungi di kantornya hingga pukul 16.00 kemarin bahkan beberapa hari sebelumnya belum memberikan keterangan apa pun karena ketika wartawan hendak konfirmasikan langsung kepada Muzakir, selalu dihalangi staf sekretariat yang ada di depan ruang kerjanya dengan berbagai alasan.

“Bapak mau pergi silakan ke pejabat lain,” kata seorang pria yang bertugas sebagai staf sekretariat. Padahal, Muzakir baru saja tiba di kantor.

Susahnya bertemu Muzakir di kantornya, bagi kalangan wartawan bukan rahasia umum lagi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat Kota Palembang, MY Badaruddin mengatakan sebanyak 334 formasi lowongan CPNS. Terdiri dari 259 formasi untuk tenaga teknis sedangkan 75 formasi untuk tenaga medis.

“Pengumuman formasi CPNS akan diumumkan pada 15 Oktober (hari ini). Sedangkan pendaftaran melalui website http://www.cpns-sumsel.com,” jelas Badaruddin, Kamis (14/10).

Pemkot Palembang dalam penerimaan CPNS tahun ini membutuhkan tenaga akuntansi, komputer, pemandu wisata, tenaga pengajar huruf Arab Braile, dan lainnya. Seleksi admistratif akan dilaksanakan pada awal bulan November dilanjutkan tes tertulis dan psikotes.

Banyuasin-OKI

Sementara itu pendaftaran CPNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin juga mulai dibuka 15 hingga 29 Oktober mendatang. Tahun ini Banyuasin menyediakan lowongan 626 CPNS yang berasal dari 3 formasi, yakni formasi tenaga guru sebanyak 268 orang, tenaga kesehatan 178 orang serta tenaga teknis 180 orang.

Kepala BKD Banyuasin, Drs Syaiful Anwar didampingi Kabid Pengembangan dan Mutasi Leni Milana, Rabu (14/10) mengatakan, para calon peserta CPNS di Kabupaten Banyuasin dapat mengaksesnya melalui website http://www.cpns-sumsel.com dengan mengklik CPNS Kabupaten Banyuasin. Sementara kelengkapan berkas pendaftaran bisa dilayangkan melalui PO BOX 30005 Pangkalan Balai melalui jasa kantor pos.

“Syarat yang harus dilengkapi, surat lamaran yang ditulis tangan, pas foto hitam putih ukuran 4 X 6 cm sebanyak tiga lembar, ijazah dan transkrip yang dilegalisir,dan surat pernyataan bersedia di tempatkan di wilayah banyuasin bermeterai,” ujar Syaiful.

Sedangkan untuk Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI) tahun 2009 ini menerima 521 CPNS, dengan rincian 457 terbuka untuk masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dan 64 khusus tenaga honorer. Untuk mengetahui lebih detail formasi CPNS di kabupaten dan Kota di sumsel, bisa kunjungi : www.cpns-sumsel.com(sripo)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: