KA Mahasiswa Unsri Mubazir

PALEMBANG – Dahulu pihak Universitas Sriwijaya sering kali berteriak agar disediakan jasa transportasi Kereta Api (KA) khusus mahasiswa dari Palembang menuju kampus Inderalaya karena banyaknya mahasiswa meninggal dan luka-luka karena bus mahasiswa yang ditumpangi sering kecelakaan. Namun setelah 1,5 tahun operasi, KA khusus mahasiswa terkesan mubazir. Setiap hari hanya ada 10 mahasiswa yang naik. Padahal kapasitas KA untuk 300 penumpang.

PTKA Divre III Sumsel pun langsung melakukan evaluasi dan hari ini, Kamis (8/10) mengumumkan penurunan tarif mahasiswa dari Rp 3000/mahasiswa menjadi Rp 2500/mahasiswa. Turunnya tarif KA ini diharapkan dapat meningkatkan minat mahasiswa terhadap KA. “Dibanding dengan Bus mahasiswa, KA mahasiswa lebih efisien karena bebas macet dan terhindar dari kecelakaan,” kata Manager Humas PTKA Divre III Sumsel Drs As’ad Sayuti.

Menurut As’ad, hasil evaluasi terakhir terhadap dua KA Seruni dan railbus Kertalaya dalam satu bulan terakhir ini hanya mengangkut 468 orang penumpang. Dari jumlah ini, setiap harinya rata-rata KA mengangkut 10 orang penumpang. “KA ini memang bantuan Departemen Perhubungan dan PTKA hanya operator, tapi sayang akan tidak dimanfaatkan. KA ini nilainya miliran, sayang kalau mubazir,” katanya.

Kadishub Sumsel Ir Sarimuda MT yang sedang berada di Batam, saat dihubungi via Ponselnya,ia mengaku akan melakukan pengecekan dan berjanji akan membahas serta mencarikan solusi karena bagaimana pun kehadiran KA mahasiswa adalah atas permintaan mahasiswa dan pihak perguruan tinggi. (Sripo)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: