Sumsel Butuh Perda Partisipatif

PALEMBANG – Ketua Fraksi PKS Yuswar Hidayatullah menyatakan perlu dilakukan uji publik dalam setiap pembuatan perda yang menyangkut kepentingan masyarakat. Uji publik tersebut untuk mendapatkan masukan dari masyarakat terkait raperda yang akan disahkan oleh DPRD Sumsel.

Ditemui di Fraksi PKS, Yuswar mengatakan rencana uji publik untuk setiap raperda yang akan dibahas dewan menjadi target utama dari PKS. Itu mengantisipasi agar kejadian yang lama dimana perda tidak berjalan setelah disahkan dewan, dapat dihindari. “Kedepan diharapkan dewan sudah membuat perda yang partisipatif. Artinya melibatkan masyarakat dalam proses pembuatannya,” kata Yuswar.

Perda partisipatif tersebut memang seharusnya sudah dilakukan sejak lama. Pasalnya, UU yang dilahirkan oleh DPR RI juga melibatkan partisipasi publik yang sangat tinggi.

Selain itu Yuswar mengusulkan untuk melakukan penyisiran terhadap perda-perda provinsi yang lama. Diperkirakan banyak perda yang sudah tidak sesuai lagi atau tidak sejalan dengan kondisi saat ini. “Bisa dibuat program legislasi daerah untuk tujuan merevisi perda-perda yang sudah tidak sesuai lagi,” katanya.(Sripoku/Jon)

  1. sudah bener itu…
    banyak nian sudah perda tak bermanfaat.
    apa karena nyusun perda dianggap semacam proyek rapat-rapat😦

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: