Kabut Asap masih selimuti Palembang

PALEMBANG – Akibat pembakaran lahan dan hutan di sekitar Sumatera Selatan, kawasan ini mulai dikepung asap. Kota Palembang yang menjadi jantung kawasan ini, pagi ini , dilingkupi kabut asap yang cukup tebal. Jarak pandang sekitar pukul 07 – 08 pagi tadi, hanya sekitar 500 meter. Bahkan di beberapa tempat jarak pandang kurang dari 200 meter. Akibatnya, kabut asap inu mulai berdampak pada aktivitas masyarakat. Bandara Sultan Mahmud Badarudin, beberapa hari ini sempat ditutup sementara pada pagi hari, karena jarak pandang terbatas.

Pagi ini saja jarak pandang di sekitar pandara kurang dari 800 meter. Namun pukul 8.30 tadi berdasarkan informasi yang diterima dari stasiun klimatologi Kenten Palembang, jarak pandang sudah mencapai 3000-an meter.

Sementara itu berdasarakan informasi dari Posko Kebakaran lahan dan hutan Dishut Sumsel, Hos pot sampai tadi malam mencapai 104 . Terbanyak di Kabupaten OKI 99 buah. Padahal sehari sebelumnya hanya tercatat dua hotspot di seluruh wilayah Sumsel. Hot spot ini juga jumlahnya fluktuatif, karena pada tanggal 26 Septemb, jumlahnya mencapai 326 titik api. Kabut asap yang terjadi di wilayah sumsel ini , menurut Sekretaris posko kebakaran Hutan Dishut Sumsel Ahmad Taufik, disebabkan sudah terbakarnya kawasan gambut yang berada di wilayah OKI. Berbagai upaya yang telah dilakukan diantaranya menerjunkan 2 helikopter untuk membantu pemdaman, selain juga mengerahkan manggala agni dan tenaga sukarela. Selanjutnya, kalau memang dalam beberapa hari ini belum juga bisa dipadamkan, kemungkinan pihaknya akan mengajukan usul ke Pusat untuk meminta pengadaan hujan buatan.(Fir)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: