Kredit Sapi untuk para Peternak

PALEMBANG – Kredit Ketahan Pangan dan Energi (KKPE) untuk peternakan sudah mulai bisa dinikmati oleh para peternak para peternak. Penandantangan perjanjian dilakukan, senin (28/09) sudah dilakukan.

Menurut Kepala Dinas Peternakan Propinsis Sumsel, Asrillazi Rasyid, untuk Sumsel kredit ini difokuskan untuk program sawit sapi. Besar kredit berkisar 50 juta per kelompok tani. Dia menambahkan bunga kredit ini rendah karena disubsidi oleh pemerintah. Sementara itu Bank Sumsel siap menggelontorkan sekitar 20 Milyar untuk wilayah Muba. Seleksi ketat akan dilakukan kepada para petani.

Sejauh ini daya serap kredit ini masih sangat rendah. Dari alokasi dana sebesar 1,15 trilyun, Sumsel mendapatkan alokasi 102 milya rupiah. Dari 102 milyar baru terserap 4 milyar. Demikian dikatakan Kepala Pusat Pembiayaan Pertanian Departemen pertanian Mat Syukur..

Namun, menurut Mat Syukur, pihaknya optimis, KKPE ini akan terserap lebih tinggi pasalnya program sawit sapi akan mampu menyerap kredit yang telah diprogaramkan oleh Perbankan nasional. Dari evaluasi daya serap KKPE akan terus mengalami peningktan, tahun 2007 daya separ hanya 300 juta rupiah. (Fatur)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: