Wasista “Tony” Bambang Utoyo Calon Kuat Ketua DPRD Sumsel

PALEMBANG – Wasista “Tony” Bambang Utoyo makin menguat dan tidak tergeser untuk menjadi Ketua DPRD Sumsel periode 2009-2014. Meski kini menjabat sebagai ketua DPRD Sumsel sementara namun diperkirakan tanpa hambatan berarti Tony yang berasal dari Partai Golkar akan menjadi ketua definitif untuk masa bakti lima tahun mendatang.

Selain itu nama A. Djauhari yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua sementara, juga hampir dipastikan menjabat sebagai wakil ketua definitif. Djauhari yang berasal dari Partai Demokrat, akan mengisi satu dari tiga kursi Wakil Ketua DPRD Sumsel. Sedangkan, nama lain yang muncul mengisi kursi wakil ketua adalah MA Gantada (PDI Perjuangan) yang telah mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan dan Moh Iqbal Romzi dari PKS.

Ketua DPD Partai Golkar Sumsel Alex Noerdin menyatakan, telah memutuskan mengusung nama Tony meski sebelumnya memang ada beberapa nama yang muncul sebagai kandidat calon pimpinan dewan dari Partai Golkar. Tetapi melalui proses seleksi akhirnya diputuskan Tony untuk diusulkan sebagai pimpinan DPRD Sumsel.

“Dari arahan DPP Partai Golkar ada tiga yang memenuhi kriteria yakni Tony, Nasrun Madang dan Iskandar Syamwell. Pak Iskandar tidak bersedia, jadi tinggal dua yang kemudian pilih dan terpilih Pak Tony,” ujarnya.

Alex membantah keras ada friksi untuk memunculkan satu nama. Menurutnya semua hal untuk memunculkan nama telah dilakukan sesuai prosedur dan petunjuk partai.

“Tidak ada keributan tetapi bila ada yang kecewa itu masih dapat diterima,” ujarnya.

Sementara itu, Wasista Bambang Utoyo yang diwawancara terpisah mengaku jabatannya masih bersifat sementara. Penilaian selanjutnya diserahkan kepada partai.

“Keputusan diserahkan kepada partai, diteruskan atau tidak menjadi ketua definitif,” ujarnya.

Tony menegaskan dirinya belum tahu mengenai ia bakal didefinitifkan sebagai ketua. Tony mengaku bahwa ia hanya tahu sebagai ketua sementara saja.

“Oh ya. Saya belum tahu itu. Kalaupun diminta sebagai ketua yang definitif, sebagai kader saya siap,” ujarnya.

Secara terpisah, Sekretaris DPRD Sumsel Sofyan Machmud menjelaskan, ditargetkan dalam waktu satu bulan semua alat kelengkapan DPRD Sumsel terbentuk. Mulai dari fraksi, pimpinan dewan definitif, komisi, badan musyawarah, badan anggaran, badan kehormatan dan lainnya diselesaikan dalam satu bulan.

Untuk pimpinan dewan menurut Sofyan segera akan diminta nama-nama anggota dewan dari parpol yang berhak mengisi kursi pimpinan dewan. Kursi pimpinan dewan terdiri dari satu ketua dan tiga wakil ketua.

“Kita segera meminta kepada partai untuk nama-nama calon pimpinan dewan,” katanya. (Ino)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: