Mawardi Yahya Lebih Disukai Masyarakat Ogan Ilir

PALEMBANG – Berbekal pengalaman dan kinerja yang dinilai memuaskan, incumbent Mawardi Yahya berpeluang kembali memimpin kabupaten Ogan Ilir. Itu dibuktikan dari hasil survei yang dilakukan Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) yang dilakukan pada 25 Agustus sampai 5 September lalu.

Dalam survei yang memakai metodelogi multistage random sampling dan menggunakan margin error 3% dengan tingkat kepercayaan 95%, terungkap kalau masyarakat Kabupaten Ogan Ilir merasa cukup puas dengan kinerja pemerintahan Mawardi Yahya. Dari jawaban 1.250 responden yang tersebar di 16 Kecamatan dan lebih kurang 80 Kelurahan/Desa terungkap 81,90% responden mengaku cukup puas dengan kinerja Mawardi selama menjabat.

“Alhasil dengan tingkat kepuasan terhadap kinerja Mawardi dan Iskandar, masyarakat Kabupaten Ogan Ilir begitu yakin jika dalam sisa waktu satu tahun ini keduanya mampu membawa daerahnya lebih baik lagi. Terbukti 72,12% responden merasa yakin keduanya bisa menyelesaikan tugasnya. Sedangkan yang tidak yakin hanya 5,77%. Sementara yang tidak mengetahuinya hanya 22,12%,” kata Direktur Eksekutif Puskaptis Husin Yazid.

Ditambahkan, dengan tingkat kepuasan kinerja serta keyakinan yang begitu baik, berimbas pada citra pemerintahan. Hasil survei menunjukan kalau 81,90% responden menilai citra pemerintahan Ogan Ilir di bawah komando Mawardi-Iskandar baik. Sementara yang mengatakan buruk hanya 6,67 % dan 11,43 % mengaku tidak tahu.

Dijelaskan pula, untuk citra kepemimpinan, sebanyak 84,76% responden menilai Mawardi-Iskandar baik. Sedangkan yang menilainya buruk hanya 2,86% dan yang mengaku tidak tahu atau tidak menjawab 12,38%.

“Tak bisa dipungkiri selama empat tahun menjadi pemimpin Kabupaten Ogan Ilir, Mawardi-Iskandar telah melakukan perubahan dan tentunya pembangunan. Dan beberapa rencana program pun telah dirancang. Program ini dibuat sebagai acuan lima tahun ke depan, siapa pun pemimpinannya kelak. Pastinya ada beberapa rencana tersebut yang mungkin belum tergarap dengan sempurna mengingat masa kepemimpinannya tinggal tersisa setahun,” tutur Husin.

Ketika hal ini ditanyakan pada responden, 74,29% menjawab agar program tersebut perlu dilanjutkan dan 22,86% menginginkan adanya perubahan. Sementara angka responden yang enggan menjawab mencapai 2,86%.

Keberlanjutan program yang sudah dilakukan juga sangat diharapkan masyarakat terhadap pemimpin lima tahun yang akan datang. Responden yang meminta program sekarang dilanjutkan ada 61,90%, dan yang meminta program diganti berjumlah 15,24%. Prosentase yang tidak menjawab berjumlah 22.86%.

”Untuk pemimpin ke depan masyarakat sudah mempunyai kriteria tersendiri. Dari sejumlah pertanyaan yang diajukan, bersih dari korupsi atau KKN menempati posisi tertinggi dengan 18.33%. Kriteria lain yang diinginkan responden adalah berwibawa sebagai pemimpin (2,50%), jujur/bisa dipercaya (2,92%), pintar dan punya kemampuan (9.17%), berwawasan luas (11.25%), perhatian pada rakyat (11,46%), mampu mengambil keputusan dengan tegas (12,29%), dikenal masyarakat (14,58%), dan dukungan Partai (17,50%),” beber Husin.

Tak kenal maka tak sayang atau bisa dengan kata lain tidak disukai. Nah, dengan dikenal masyarakat Mawardi kembali mendapatkan prosentase tertinggi untuk sosok yang disukai. Ia mendapatkan 54,58%. Posisi kedua ditempati Helmy Yahya dengan 38,47%. Lalu Iskandar 2,63%, Syahrul Bayumi hanya 1,32%, Hardi Sapuan dan Wirawan 0%. (Ino)

    • Muhammad Johan Amd SE
    • Maret 19th, 2010

    Saya sebagai putra daerah Ogan Ilir bertepatan Desa Pulau Negara Kec. Pemulutan Barat, berkeyakinan serta berdoa semoga Bpk Kami Ir. Mawardi Yahya akan terpilih kembali periode 2010-2015. Saya atas nama warga Desa Pulau Negra Mengucapkan terima kasih kepada Bpk Ir. Mawardi Yahya, yang telah menghidupkan jalan dari Desa Seri Banding dengan Desa Palem Raya serta Jalan Desa PUlau Negara yang terrealisasi 2010. Terima kasih Bapak Pembangunan kami, salam.!!!

    Johan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: