KPU Sumsel Janji Segera Proses Calih dari PAN

PALEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumsel berjanji akan mempercepat proses pengusulan satu anggota DPRD Sumsel dari PAN dapil Sumsel 7, yang tertunda pelantikannya. Bila klarifikasi Mahkamah Konstitusi (MK) telah diterima KPU Provinsi Sumsel, maka segera dilakukan pleno penetapan calon terpilih yang dilanjutkan pengusulan ke Mendagri.

PAN Sumsel melalui Sekretarisnya Badrullah Daud Kohar meminta agar sebelum pembentukan fraksi di DPRD Sumsel, satu anggota dewan yang tertunda pelantikannya dapat segera dilantik. Hal itu karena akan berpengaruh pada pembentukan fraksi PAN.

Anggota KPU Provinsi Sumsel Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Alfian Toni mengatakan bahwa pihaknya tidak memasang target waktu untuk menyelesaikan. “Kalau memang terkejar setelah klarifikasi dari MK keluar segera dapat kami usulkan. Tinggal persoalannya berapa hari surat usulan itu di Mendagri,” katanya, Kamis (24/9).

Alfian mengungkapkan tidak ada niat sedikitpun untuk menghambat proses usulan anggota dewan tersebut. Secepatnya pihak KPU Provinsi Sumsel akan segera memproses anggota dewan itu.

Dijelaskan, ada tiga hal yang menyebabkan usulan peresmian anggota dewan dari PAN tertunda. Pertama menyangkut keinginan pemohon terhadap suara yang hilang lain dengan amar putusan MK. Yang kedua, nomor urut pemohon dalam DCT adalah nomor tiga tetapi dalam amar putusan adalah nomor satu. Ketiga, nama dalam DCT adalah Husin tetapi dalam amar putusan disebut Hasan dan ada disebut Husain.

“Tiga hal inilah yang menyebabkan perlu dilakukan klarifikasi ke MK. Yang lainnya tidak ada masalah,” ujarnya.(Sripo/Jon)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: