Memberi Yuk

PALEMBANG – Menjadi dermawan. Dermawan adalah dengan senang hati tanpa keterpaksaan memberikan sebagian harta yang dimilikinya untuk kepentingan orang lain yang membutuhkan. Kedermawanan ini menjadi tema Spirit Of Ramadhan, Rabu (16/09) bersama Ustad Haryono Kardi Al Javi. Menjadi Dermawan ini adalah perintah Allah. Menjadi dermawan yakni diimplementasikan dalam bentuk anjuran untuk senantiasa bersedekah, berinfaq. Sebaliknya dalam Islam, sama sekali tidak ada anjuran untuk meminta-minta.

“Meminta-minta dan memberi uang kepada pengemis dikhawatirkan akan membuat mereka menjadi malas untuk bekerja. Kita boleh memberikan bantuan, tapi bukan ikannya, melainkan kailnya, agar jika esok kita tidak lagi membantunya, mereka bisa hidup sendiri,” papar Ustad.

Umat Islam juga diharuskan untuk menjadi kaya. Namun bukan berarti kaya untuk bermegah-megah. Kaya yakni mengusahakan kehidupan yang layak sehingga dapat bersedekah dan selalu membelanjakan hartanya di jalan Allah SWT. Dengan menjalankan laku seperti ini, maka seseorang mencerminkan keimanannya yang kuat. Tingkat tertinggi dalam kedermawanan adalah Itsar, yakni mendahulukan kepentingan orang lain daripada kepentingan diri sendiri. “tetapi Itsar ini bukan berarti mentelantarkan diri dan juga keluarga kita,”

menumbuhkan sifat dermawan dapat dilakukan dengan cara memahami bahwa harta merupakan titipan Allah. Serta tidak boleh iri terhadap harta orang lain. Senantiasa mensyukuri apa yang ada, selalu menjadi dermawan di saat lapang dan sempit, selalu rela mendermakan harta, memahami keutamaan menjadi dermawan dan memahami akibat dari sifat bakhil.

adapun adab-adab seorang dermawan yakni melakukannya semata-mata karena Allaht SWT, menyembunyikan shodaqah, barang yang diberikan hendaknya sesuatu yang berkualitas, tidak menyakiti hati orang yang menerima sedekah, tidak mengungkit-ungkit apa yang telah diberikan, menyegerakan berzakat, sedekah diutamakan untuk keluarga/kerabat terlebih dahulu baru orang lain dan melakkan seleksi orang yang akan menerima sedekah sehingga didapatkan benar-benar oleh orang yang membutuhkan. (vira)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: